Jelang Haul Guru Sekumpul, Dishub Banjarbaru Mulai Lakukan Persiapan.

0

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Menjelang Haul ke-15 Al-Alimul al-Alamah al-Arif Billaah al-Bahrul Ulum al-Waliy Qutb as-Syekh al-Mukarram Maulana Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari atau yang lebih akrab disapa Guru Sekumpul, segala macam persiapan nampaknya sudah mulai dilakukan oleh masyarakat, termasuk instansi pemerintahan.

Tak hanya dari instansi terkait yang berada di Kabupaten Banjar, pemerintah Kota Banjarbaru juga turut serta dalam menyambut para jamaah haul.

Seperti Dinas perhubungan kota Banjarbaru, yang kini mulai sibuk rapat koordinasi antara dinas perhubungan kabupaten Banjar dan relawan Haul Guru Sekumpul.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie mengatakan, bahwa pihaknya sampai saat ini masih melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar dan panitia inti Sekumpul.

“Diperkirakan tahun ini jumlah jamaah lebih banyak dari tahun sebelumnya, oleh karena itu dishub Banjarbaru sedang koordinasikan dengan dishub kabupaten Banjar dan relawan serta panitia mengenai banyak hal” ujarnya kepada Headline9.com saat ditemui dikantornya pada Jumat (15/11/19).

Ia juga menjelaskan mengenai jumlah angkutan yang sudah ia dipersiapkan menjelang dan saat Haul Guru Sekumpul tiba.

“Angkutan ada 5 unit bis besar, di tambah 2 mini bus jadi 7, nanti juga di tambah mobil mobil lain seperti dari DPRD dan mobil dari pemko Banjarbaru yang ikut membantu” Jelasnya.

Selanjutnya, pihaknya akan evaluasi lagi berkaca dari tahun lalu, baik yang melayani jamaah, ataupun pelaksanaaannya.

“Dimana nantinya akan kita pasang tenda tempat istirahat, siapkan tempat wudhu juga dan logistik yang jelas perbaikan ini dari hasil evaluasi tahun kemaren” Ujarnya.

Seperti lokasi parkir, kata Yani Makkie, nanti akan menjadi evaluasi untuk tahun ini.Intinya pihaknya akan koordinasikan lagi dengan tim relawan di Sekumpul.

“contohnya parkir, kendalanya kita mau tempatkan parkir contoh di tempat ini tapi tidak boleh makanya kita mau bahas itu supaya tidak ada lagi benturan benturan ” jelasnya

Meskipun begitu, ia menjelaskan tidak ada kendala berarti untuk kegiatan Haul Guru Sekumpul pada tahun lalu.

“Namun tahun lalu tidak ada kendala berarti atau yang mengkhawatirkan, jamaah selamat, pelayannya selamat” papar Yanie Makkie.

Yanie Makkie berharap, tahun ini koordinasi antara pihaknya dan pihak terkait lainnya lebih baik dari tahun lalu.

“Kami ingin koordinasi lebih baik agar tidak ada benturan karena kami perkirakan tahun ini lebih membludak lagi jamaahnya dari tahun sebelumnya” katanya.

Sehingga ia menghimbau kepada masyarakat agar turut bekerjasama dalam hal ketepatan waktu.

“Kita berharap pada masyarakat jamaah Haul diharapkan datang tepat waktu, agar pelaksanaan Haul tahun ini dalam segi angkutan jamaah tidak ada kendala” tutupnya.

Penulis Putri