Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Dishut Kalsel Gelar Forum Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa…

Dishut Kalsel Gelar Forum Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Dinas Kehutanan (Dishut)  Kalsel menggelar Forum Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan, Kamis (13/02/2020)  di Bapelkes Banjarbaru. pada kegiatan tersebut  Dinas Kehutanan Kalsel menghadirkan   UPTD BPTHsebagai narasumber.

Forum ini dibuka langsung oleh Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq dan dihadiri perwakilan UPT Kementerian LHK lingkup Kalsel, pejabat eselon 3 dan 4 lingkup Dishut Kalsel dan diikuti peserta sejumlah 105 orang.

Dalam gelaran ini, Kasi Produksi dan Peredaran Benih, Paidil tampil sebagai narasumber mewakili kepala BPTH. Ia menyampaikan materi kebijakan dan strategi penyediaan bibit HHBK untuk pembangunan kehutanan berkelanjutan.

BACA JUGA :  Pemko Banjarbaru Akan Fasilitasi Pertuni  Setempat

Paidil menambahkan, menitik beratkan pentingnya penyediaan bibit HHBK bagi kegiatan penanaman di lapangan, khususnya untuk menyukseskan Gerakan Revolusi Hijau.

Ia juga menuturkan, peran anggota forum, terlebih sebagai wadah penyedia bibit, sangat membantu tercapainya keberhasilan program yang digawangi Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq.

“Sebagai sentral pembibitan, BPTH telah membangun persemaian permanen seluas 5 hektare. Diantaranya memproduksi bibit-bibit dari jenis HHBK,” ujar Paidil.

Secara sekilas, ia juga memaparkan profile UPTD BPTH, bahwa salah satu tugas pokok dan fungsinya mengawal secara khusus peredaran benih dan bibit.

“Dalam pelaksanaannya, fungsi peredaran dan penyediaan bibit tidak akan tercapai bila tidak bersinergi dengan stakeholder yang ada,” tandasnya.

BACA JUGA :  Pemko Banjarbaru Berikan SP Kedua untuk Warung Jablay

Sebagai sarana komunikasi, forum ini diyakini Paidil akan mampu memfasilitasi sarana dan prasarana penunjang produksi HHBK dan jasa lingkungan.

“Tak hanya itu, antar kelompok tani juga akan terjalin kerja sama pengembangan produk HHBK dan jasling,” pungkasnya.

Saat diskusi berlangsung, banyak masukan dan saran dari peserta. Harapannya, seiring dengan kualitas produk HHBK dan jasling, pastinya akan memberi manfaat ekonomis dan daya saing pasar yang lebih tinggi bagi anggota forum.

Penulis: Putri.

Baca Juga