Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Angkasa Pura I Gelar Pelatihan Senpi dan Bahan Peledak Di…

Angkasa Pura I Gelar Pelatihan Senpi dan Bahan Peledak Di Bandara Internasional Syamsudin Noor

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Manajemen Angkasa Pura I menggelar pelatihan pengenalan senjata api (senpi) dan bahan peledak bagi petugas airport security di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Selasa (15/12/2020) pagi

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan personel airport security dalam mengenali dan mendeteksi berbagai macam senpi dan bahan peledak.

Pihaknya bekerjasama dengan Brimob Polda Kalsel, sebanyak 80 personel airport security dari personel junior dan basic dilatih tim Detasemen Gegana Brimob Polda Kalsel.

“Kegiatan pelatihan ini menjadi usaha kami untuk dapat mencapai sistem pengawasan dan pengendalian keamanan di bandara yang efektif dan efisien dalam mencegah terjadinya tindakan gangguan melawan hukum dan tindakan kriminal di bandara,” jelas Amiruddin Florensius, General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor.

BACA JUGA :  Kisruh Pasar Sungai Bakung, Nasrun Syah dan AH Fahri Dipanggil Pidsus Banjar

Kegiatan terbagi dua batch, dilakukan di dua lokasi yaitu class room kantor airport security dan security check point random di gedung terminal Bandara Internasional Syamsudin Noor.
Pembekalan diawali dengan pemaparan tentang bahan peledak dan pengenalan jenis-jenisnya, serta bentuk bahan peledak di kantor airport security oleh Iptu Sunardi.

BACA JUGA :  PDAM Kapuas Tetap Berikan Layanan Prima di Tengah Pandemi Covid-19

Kemudian, personel airport security juga dijelaskan jenis-jenis senpi dan komponen di dalam senpi untuk menambah pengetahuan dan kewaspadaan para personel ketika bertugas.

Peserta melanjutkan kegiatan di area SCP Random di Bandara Internasional Syamsudin Noor untuk melakukan praktik mendeteksi benda-benda yang sudah dijelaskan sebelumnya ketika melewati pengecekan x-ray.

“Keamaan dan kenyamanan para pengguna jasa merupakan hal yang utama dalam pelayanan bandara. Untuk itu deteksi dini menjadi hal yang penting untuk dilakukan dan dipahami, terutama oleh personel airport security,” pungkas Amir.

Baca Juga