Categories: FeaturedKalsel

Kalsel Rencanakan Bangun SKPT dan SPDT

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan rencanakan pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) dan Sentra Perikanan Daratan Terpadu (SPDT) di Kalsel.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel M Fadheli mengatakan rencana SKPT maupun SPDT seiring dengan potensi kelautan dan perikanan di Kalsel yang tinggi dan memanfaatkan daerah pesisir.

Selain itu, dikatakannya Kalsel nantinya akan menjadi pintu gerbang Ibukota Negara baru. Untuk itu disektor kelautan dan perikanan harus mempersiapkan penyangga pangan dari sektor hasil perikanan.

“Saat pembangunan SKPT dan SPDT pengolahan hasil perikanan diharapkan dapat menyuplai ke ibukota negara baru dan untuk konsumsi didaerah kita sendiri, untuk pemasaran hasil kelautan dan perikanan saat hanya di Kalbar, Kaltim dan Kalteng,” jelasnya.

Kemudian Fadheli meungkapkan, kewenangan Pemprov dalam  pengelolaan perikanan daratan atau budidaya air tawar terbatas sesuai dengan Permendagri 90 tahun 2019.

“Kewenangan perikanan daratan berdasar Permendagri ada pada pemerintah kabupaten/kota,” ujarnya.

Lantas bagaimana cara Pemprov ikut berperan dalam pengelolaan perikanan daratan maupun air tawar?

Fadheli mengatakan dengan pembangunan SKPT sebagai langkah yang tepat agar Pemprov dapat berperan dalam pengelolaan budidaya air tawar di lintas Kabupaten/Kota se Kalsel.

Lanjut, dalam pembangunan SPDT nanti akan ada pengembangan bisnis perikanan daratan berbasis kawasan Perairan Umum Darat (PUD) dari hulu sampai hilir seperti pengembangan kelembagaan, sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya perikanan berkelanjutan.

Pengembangan SPDT akan berfokus pada peningkatan nilai tambah dan daya saing serta modernisasi korporasi. Dengan adanya SPDT akan membangkitkan perekonomian masyarakat di air tawar baik kegiatan tangkap, budidaya dan lainnya.

“Intinya pembangunan SKPT dan SPDT ini perlu langkah bersama dan sinergi antar Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota,” kata Fadheli.

Fadheli berharap, dengan potensi yang ada apabila dikelola dan dimanfaatkan dengan baik maka akan membangkitkan usaha masyarakat di bidang perikanan daratan.

“Dengan upaya tersebut para pelaku utama kegiatan perikanan dan pelaku usaha kelautan dan perikanan akan mendapatkan keuntungan ekonomi yang tinggi. Sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pesisir,” tandasnya.

aprilia

Recent Posts

Ini Keinginan Legislator Kapuas Pada Musrenbang RKPD Tahun 2025 Tingkat Kabupaten

Headline9.com, Kuala Kapuas - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Drs Syarkawi H… Read More

1 jam ago

Pemkab Kapuas Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten Susun RKPD 2025

Headline9.com, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas menggelar Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten… Read More

2 jam ago

Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Hadiri Musrenbang RKPD 2025

Headline9.com, Kuala Kapuas - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai mitra kerja pemerintah daerah mendukung… Read More

2 jam ago

Bupati HST Sampaikan LKPj Tahun 2023 Dalam Agenda Rapat Paripurna

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban… Read More

5 jam ago

Bupati HST Buka Musrenbang RKPD 2025, Aulia: Partisipasi Aktif Masyarakat Kunci Pembangunan

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi membuka secara resmi kegiatan… Read More

5 jam ago

Pedagang Pasar Kindai Limpuar Gambut Keluhkan Tarif Lapak dan Retribusi Keamanan yang Sering Berubah-ubah

Headline9.com, MARTAPURA -Sejumlah pedagang di Pasar Kindai Limpuar, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, mengeluhkan penarikan iuran… Read More

22 jam ago

This website uses cookies.