Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Aksi Warga Tambak Anyar Ulu Patut Kita Contoh, Belum Tuntas…

Aksi Warga Tambak Anyar Ulu Patut Kita Contoh, Belum Tuntas Bangun Proyek Jamban Individual Berani Bongkar Jamban Terapung

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Bupait Banjar H Khalilurrahman dan Kabid Cipta Karya Galuh Tantri Narindra

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Sebanyak 13 unit jamban terapung yang berada di atas Sungai Martapura dibongkar sendiri oleh masyarakat.

Inisiatif ini langsung diapresiasi Bupati Banjar H Khalilurrahman yang hadir menyaksikan pengangkatan bilik terapung di Desa Tambak Anyar Ulu, kecamatan Martapura Timur, Rabu (24/10) siang.

WhatsApp Image 2018 10 25 at 10.52.32 AM1 WhatsApp Image 2018 10 25 at 10.52.32 AM

“Pembongkaran itu inisiatif warga desa. Patut kita tiru partisipasi masyarakat Tambak Anyar Ulu yang mendukung program Bupati Banjar mengenai penghapusan jamban terapung,” kata Kabid Cipta Karya Galuh Tantri Narindra di Martapura, kemarin (25/10) siang.

Khusus Tambak Anyar Ulu, berhasil menyalurkan pembangunan WC Individual sebanyak 41 unit. Rencana pembangunan adalah 51 unit namun baru selesai 41 unit tapi masyarakat membongkar lebih awal jamban di sungai.

BACA JUGA :  Gerbong Paguruan Dalam Pagar Beri Mandat Tanpa Syarat ke Mada – Ferry

“Padahal belum selesai semua di bangun, mereka berinisiatif membongkar duluan, kita tanya sama mereka, kenapa mau membongkar duluan. Kata mereka bentuk dukungan kepada program pemerintah, ”ungkapnya.

Terpisah, Bupati Banjar H Khalilurrahman menyatakan, mengubah kebiasaan dari buang air besar ke sungai pindah ke wc individual sangat sulit.

Nyaris mustahil bahkan masih ada masyarakat yang enggan.  Padahal itu kebiasaan kurang baik dan berdampak terhadap kesehatan.

BACA JUGA :  Polres Banjar Kembali Bagikan Ratusan Takjil Dihari ke Delapan Ramadan

“Coba kita bayangkan tiap hari buang air besar ke sungai, mandi, cuci piring dan baju menggunakan air sungai, bagaimana mau sehat, ”Katanya.

Sungai bukan milik kita saat ini, tegas Guru Khalil, melainkan harus diwariskan untuk anak cucu akan datang.

Sungai adalah anugerah yang dititipkan Allah Swt dan cara bersyukur dimanfaatkan dengan baik dan dijaga.

“Saya sangat bersyukur diresmikannya WC Individual dan pengangkatan jamban terapung bagian dari upaya memelihara dan menyelamatkan ekosistem air serta menjaga lingkungan tetap bersih dan berkualitas,” tambahnya. (MAS)

 

Baca Juga