Categories: BanjarbaruFeatured

PPKM Banjarbaru; Melanggar Protokol Kesehatan, SWAB Test Ditempat

headline9.com, BANJARBARU – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Banjarbaru dievaluasi. Rapat evaluasi dipimpin Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan, di ruang Tamu Utama Wali Kota Banjarbaru.

Hadir dalam rapat evaluasi tersebut, Asisten Pemerintahan, Sekretaris Dinas Kesehatan, Kepala Satpol PP, Kepala BPKAD, Kepala BKPP, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Disporabudpar, Kepala Dinas Dalduk, KB, PMP & PA, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Pelaksana BPBD, Direktur RSDI, Kabag Pemerintahan, Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kota Banjarbaru.

Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan, hasil PPKM sangat bermanfaat untuk meningkatkan protokol kesehatan masyarakat Kota Banjarbaru, dan dari razia besar-besaran yang dilakukan bersama TNI/Polri dan SKPD yang terkait.

“Sebagian besar pelaku usaha menyambut baik adanya giat ini, karena mereka juga merasa terbantu untuk menegur pengunjung atau konsumen mereka untuk tetap mentaati protokol Kesehatan,” ujarnya.

Darmawan melanjutkan, diberlakukan tindakan tegas kepada yang melanggar PPKM, ataupun yang melanggar protokol kesehatan. Hasil Razia kemarin ditemukan beberapa hal, diantaranya; banyak masyarakat yang masih berada diluar rumah di atas jam 10 malam.

“Kami berharap dengan diadakannya PPKM ini, remaja yang masih suka keluar rumah lewat tengah malam kembali berfikir lebih baik berada dirumah saja,” ujarnya.

Lebih jauh Darmawan menjelaskan, masyarakat memerlukan syok terapi jika mereka acuh dengan protokol kesehatan dan PPKM. Agar mereka ada rasa takut dan jera, karena telah melanggar dan tidak peduli terhadap protokol dan PPKM.

“Kami sudah berkerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan SWAB-TEST atau RAPID ANTIGEN ditempat, jika kedapatan melanggar protokol kesehatan dan PPKM atau melakukan kerumunan banyak orang,” ungkapnya.

Jika hasilnya POSITIF saat tes ditempat, akan dilakukan Tracking, Tracing dan Testing. Selain terfokus kepada pemberian sanksi, juga memberikan penghargaan kepada para pelaku usaha yang mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

SKPD terkait yang hadir pada rapat evaluasi PPKM tersebut, semua setuju untuk perpanjangan PPKM di Kota Banjarbaru, sehingga dapat menekan lajunya angka penyebaran covid-19 di Banjarbaru. (nsh)

lintang

Recent Posts

Sampah di Sungai: Perumda Pasar Klaim Bukan Milik Pedagang, DPRKPLH Pun Lepas Tangan

Headline9.com, MARTAPURA - Masalah sampah Di Irigasi, Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Bauntung Batuah… Read More

3 jam ago

Ini Keinginan Legislator Kapuas Pada Musrenbang RKPD Tahun 2025 Tingkat Kabupaten

Headline9.com, Kuala Kapuas - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Drs Syarkawi H… Read More

11 jam ago

Pemkab Kapuas Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten Susun RKPD 2025

Headline9.com, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas menggelar Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten… Read More

12 jam ago

Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Hadiri Musrenbang RKPD 2025

Headline9.com, Kuala Kapuas - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai mitra kerja pemerintah daerah mendukung… Read More

12 jam ago

Bupati HST Sampaikan LKPj Tahun 2023 Dalam Agenda Rapat Paripurna

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban… Read More

15 jam ago

Bupati HST Buka Musrenbang RKPD 2025, Aulia: Partisipasi Aktif Masyarakat Kunci Pembangunan

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi membuka secara resmi kegiatan… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.