Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Musrenbang Di Kecamatan Satui Zairullah Harapkan Usulan Skala Prioritas.

Musrenbang Di Kecamatan Satui Zairullah Harapkan Usulan Skala Prioritas.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

BATULICIN, headline9.com – Bupati Tanah Bumbu, dr Zairullah Azhar minta kepada semua elemen masyarakat dan aparatur kecamatan Satui, agar mengusulkan kebutuhan prioritas dalam penyusunan program saat musyawarah rencana pembangunan (Musrembang). Alasan Zairullah, karena keterbatasan anggaran dimasa pandemi, sehingga harus mengutamakan kepentingan mendesak.

Hal itu disampaikan Zairullah Azhar usai membuka musrembang di kecamatan Satui, Senin 15/03/21.

Selain dihadiri Camat dan Muspika, musrenbang tingkat kecamatan ini di ikuti puluhan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, alim ulama setempat dan sejumlah Kepala SKPD teknis dilingkungan Pemkab Tanah Bumbu.

“Masyarakat yang terlibat dalam musrenbang agar mengusulkan kebutuhan prioritas dalam program pembangunan. Sehingga bisa tepat sasaran, karena sesuai dengan kepentingan bersama,” ungkapnya.

Pasalnya, jelasnya, dalam masa pandemi Covid-19, anggaran daerah terbatas sehingga harus mengutamakan kepentingan yang mendesak. Lebih sebagian APBD kabupaten nantinya akan dominan untuk penanganan virus corona yang belum ada tanda-tanda berakhir.

BACA JUGA :  Sekda Kalsel Kunjungi Stand Tanbu, Sekda: Ulun Serasa Pulang Kampung

Ia mengingatkan agar musrembang ini menghasilkan usulan yang berkualitas dengan mengakomodir kepentingan seluruh masyarakat Satui.

“Misalnya infrastruktur jalan, sarana public, dan program dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Bupati menambahkan, kehadirannya di musrembang bukan sekedar membuka kegiatan. Tapi lebih dari itu, yakni memberikan motivasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dalam merumuskan perencanaan pembangunan, dengan menyentuh semua aspek.

IMG 20210315 WA0043“Saya mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat turut hadir dalam setiap musrenbang di sejumlah kecamatan,” pungkasnya.

Dalam musrembang di kecamatan Satui ini, semua elemen masyarakat diminta hadir agar bisa terlibat memberikan usulan dan merumuskan perencanaan, tak terkecuali tokoh-tokoh pemuda.

Seperti Rendy, yang mewakili organisasi kepemudaan Gempita, satu dari ratusan masyarakat yang terlibat dalam perumusan musrenbang.

BACA JUGA :  Banjir Artis Ibu Kota, BUMDesa Expo se Kalsel 2023 di Banjarbaru Ditutup

“Saya nilai, musrenbang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan usulan pembangunan agar bisa direalisasikan pemerintah kabupaten,” kata Rendy.

Rendy sependapat dengan Bupati Zairullah Azhar, yang mengingatkan agar usulan mengutamakan kebutuhan prioritas, satu diantaranya infrastruktur jalan. Karena di Satui masih banyak akses jalan yang belum mulus atas beraspal.

“Namun bagi pemuda, ada usulan lain yang tak kalah penting, yakni pembangunan sarana olahraga dan seni,” tandasnya.

Ia menambahkan, selama pandemi nyaris tak ada kegiatan positif yang bisa dilakukan pemuda di daerahnya. Pasalnya keterbatasan fasilitas penunjang, seperti lapangan sepakbola dan gedung seni, membuat mereka tak bisa mengembangkan bakatnya dan lebih banyak berdiam diri dirumah.

Baca Juga