Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Kerugian Akibat Banjir di Kabupaten Banjar Lebih Seratus Miliar

Kerugian Akibat Banjir di Kabupaten Banjar Lebih Seratus Miliar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headine9.com, MARTAPURA, Akibat Banjir, sebanyak 51 ruas jalan dan 23 jembatan rusak. Jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan tersebut tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dan kerugian terhitung ratusan miliar rupiah.

Data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar mencatat kecamatan yang terdampak seperti kecamatan Karang Intan, Aranio, Beruntung Baru, Pengaron, Sungai Tabuk dan Martapura.

Sedangkan kerusakan yang terjadi akibat banjir tersebut kerusakan jembatan, jalan dan tanah longsor.

BACA JUGA :  Andin Sofyanoor Mengaku Terharu Kumpul Ditengah Para Tuan Guru Panutan di Milad Darul Ulum

Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Ahmad Solhan, mengungkapkan keruskan akibat banjir tersebut seperti ruas jalan dengan total kerugian sebesar Rp106,65 miliar dan untuk jembatan sebesar Rp25 M. total kerusakan untuk jalan jembatan Rp131,72 M.

“Untuk data terdampak banjir ini sudah diinput dan dilaporkan melalui Bappeda Litbang sebagai koordinator,” ujarnya.

Lanjutnya, dari kerusakan jembatan, Dinas PUPR juga sekaian mengusulkan untuk penggantian struktur jembatan, seperti ke box culvert, gantung baja, serta grader.

BACA JUGA :  Hujan Deras, Dua Desa di Balangan Kembali Terendam Banjir

“Untuk kerusakan jalan dan jembatan di kategorikan menjadi berat, sedang dan ringan. Saat ini kami masih menunggu bantuan dari pusat untuk perbaikannya,” katanya.

Diketahui, Banjir besar melanda Kabupaten Banjar sejak Desember 2020, hingga akhir Februari 2021. Bahkan saat ini masih ada sebagian daerah masih terendam. (lin)

Baca Juga