Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Selamatan Tanam Padi Banjar Sapa dan Bawang Merah Desa Pejambuan

Selamatan Tanam Padi Banjar Sapa dan Bawang Merah Desa Pejambuan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Bupati Banjar H Khalilurrahman menghadiri selamatan tanam padi ‘Banjar Sapa’ dan bawang merah dari Kelompok Tani Bina Guna, Desa Pejambuan, Selasa (30/10) siang. turut hadir Ketua PKK Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, Wakil Ketua DPRD Banjar M Iqbal Khalilurrahman. Juga dari Dinas TPH Provinsi Kalsel, BPSB, BPP, Mantri Tani, Penyuluh Pertanian, dan KTNA.

Bupati Banjar H Khalilurrahman ikut bersyukur, uji coba  tanam bawang pertama berhasil, kemudian dilanjutkan kedua kalinya. Guru Khalil, juga menyambut baik dan mendukung kegiatan tanam perdana padi periode Musim Hujan 2018/2019. Acara seperti ini tegasnya mempunyai arti dan nilai penting meningkatkan produksi hasil pertanian.

BACA JUGA :  PUPR Banjar Perbaiki Titik Jalan Rusak. Khususnya Jalur Haul Guru Sekumpul

“Kita tingkatkan indeks pertanaman, satu kali tanam menjadi dua kali setahun. Banjar adalah lumbung pangan di Kalimantan Selatan dengan gelar Kindai Limpuar,” kata Guru Khalil.

BACA JUGA :  Petugas Lapas Anak Meneteskan Air Mata, Ada Apa…?

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar HM Fachry menjelaskan, sebagian petani masih menghadapi kendala untuk tanam dua kali setahun. Adalah normalisasi saluran pembuangan untuk mengantisipasi saat tanam musim kemarau dan hujan. Pasalnya, sebagian besar lahan pertanian di Banjar terendam bila memasuki musim hujan dan kekurangan air dan tiap memasuki kemarau mengalami kekeringan.(syafii)

Baca Juga