Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Dinas PMD Tinjau Persiapan TPS Pilkades Besok

Dinas PMD Tinjau Persiapan TPS Pilkades Besok

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kecamatan Karang Intan merupakan salah satu wilayah terbanyak desanya yang menyelenggarakan Pilkades serentak. Dari 19 kecamatan yang akan menggelar hajatan Akbar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades/Pembakal) Serentak Kabupaten Banjar pada 24 Mei 2021 besok.

Hal ini diungkapkan Camat Karang Intan, Muhammad Ilmi disela kegiatan Peninjauan Persiapan Pilkades Serentak yang dimotori Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar bersama instansi terkait lainnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Jingah Habang, Kecamatan Karang Intan pada, Minggu (23/5/2021).

“Pilkades serentak Kabupaten Banjar 2021 inikan dilaksanakan di 140 desa dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar. Desa terbanyak yang menyelenggarakan Pilkades, yakni di Kecamatan Karang Intan. Dari total 26 desa yang ada di Kecamatan Karang Intan, cuma 4 desa yang tidak melaksanakan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Ini Pesan Dinas Perikanan Kabupaten Banjar Terkait Pengeringan Irigasi

Selain itu, pelaksanaan Pilkades tahun ini TPS di wilayahnya langsung dipantau Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI saat pencoblosan. Pihaknya akan benar-benar memaksimalkan kesiapan pelaksanaan Pilkades di 22 desa, Kecamatan Karang Intan yang diselenggarakan 24 Mei 2021 besok hari.

“Alhamdulillah, mulai dari apel gelar pasukan, hingga pengawalan terhadap pergeseran logistik yang dikawal TNI, Polri, serta Linmas setiap desa berjalan dengan lancar. Meskipun, dari peninjauan kesiapan pelaksanaan Pilkades dari tim kabupaten masih ada beberapa catatan yang harus dimaksimalkan,” ucapnya.

Meski begitu, saat peninjauan tim kabupaten masih ke TPS Desa Jingah Habang masih ada beberapa catatan yang dimaksimalkan. Namun, Ilmi yakin, perihal tersebut bisa diselesaikan.

BACA JUGA :  Guru Khalil Apresiasi Atas Partisipasi Masyarakat Dalam LAPOR.

“Seperti spanduk imbauan Protokol Kesehatan Corona Virus Disease (Prokes Covid-19) yang belum terpasang, saat ini juga tengah kami buatkan. Begitupun terkait pembatas antar panitia dan pemilih segera kita pasang, dan akan menambahkan lagi tempat cuci tangan. Insyaallah pelaksanaan Pilkades di semua TPS di Kecamatan Karang Intan yang memiliki total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 21.583 orang dapat berjalan lancar,” harapnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Banjar 2021 akan dilaksanakan di 140 desa dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar dengan total jumlah DPT sebanyak 157951 suara, 389 TPS, dengan jumlah calon Pembakal sebanyak 530 orang peserta.

Baca Juga