Kandangan

Fikry – Syamsuri Realisasikan Janji Politik, Salah Satunya Daftarkan Warga di Asuransi Kesehatan Semesta

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Berbagai janji politik yang pernah diutarakan Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry – Syamsuri Arsyad untuk lima tahun ke depan satu persatu mulai direalisasikan.

Setelah melakukan studi tiru untuk pembangunan Islamic Center, Pemkab HSS di bawah kepemimpinan H Achmad Fikry – Syamsuri Arsyad mulai merealisasikan pendataan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) semesta untuk masyarakat.

Warga di 11 Kecamatan di Kabupaten HSS kini mulai bisa mendaftar BPJS semesta di kantor desa.

Bupati HSS, H Achmad Fikry meminta warga Kabupaten HSS dapat mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS semesta supaya tidak ada yang ketinggalan.

Sebab jika acuannya hanya kartu keluarga (KK), dikhawatirkan data tersebut belum diperbaharui atau ada anggota keluarga yang belum dimasukkan, sehingga nanti ada yang ketinggalan.

“Kalau ada pertanyaan belum jelas silakan datang langsung ke Desa. Pemkab melalui Dinas Kesehatan sudah merinci sedemikian rupa apa saja harus dilengkapi masyarakat untuk mendapatkan BPJS semesta,” ujarnya.

Warga yang ingin mendaftar BPJS semesta harus memenuhi ketentuan seperti, bagi warga yang pernah memiliki kartu jaminan kesehatan yang dulu ditanggung oleh perusahaan atau instansi terkait dan sedang dalam kondisi tidak aktif.

Khusus bagi warga tidak memiliki BPJS sama sekali dan bagi warga yang memiliki BPJS sendiri yang masih memiliki tunggakan harus melunasi terlebih dahulu sebelum mengikuti program ini.

BPJS semesta hanya berlaku untuk fasilitas kesehatan atau perawatan di ruang kelas III, dan apabila naik kelas maka hak ke pesertaannya akan gugur.

Syarat pendaftaran yaitu membawa fotokopi KTP, KIA dan akta kelahiran seluruh anggota keluarga dan kartu keluarga (KK), mengisi surat pernyataan yang sudah disediakan di kantor desa.

Pendaftar wajib datang sendiri ke kantor desa dan tidak diwakilkan, sementara bagi warga yang sudah memiliki kartu BPJS berbayar atau mandiri diharapkan membawa kartu BPJS ke kantor desa setempat. (mbur)

lintang

Share
Published by
lintang

Recent Posts

Bupati HST Sampaikan LKPj Tahun 2023 Dalam Agenda Rapat Paripurna

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban… Read More

3 jam ago

Bupati HST Buka Musrenbang RKPD 2025, Aulia: Partisipasi Aktif Masyarakat Kunci Pembangunan

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi membuka secara resmi kegiatan… Read More

3 jam ago

Pedagang Pasar Kindai Limpuar Gambut Keluhkan Tarif Lapak dan Retribusi Keamanan yang Sering Berubah-ubah

Headline9.com, MARTAPURA -Sejumlah pedagang di Pasar Kindai Limpuar, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, mengeluhkan penarikan iuran… Read More

20 jam ago

GOW Balangan Lanjutkan Penyaluran Sembako Di Kecamatan Paringin

Headline9.com, BALANGAN - Usai membagikan sembako di enam kecamatan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Balangan… Read More

21 jam ago

Musrenbang RKPD, Pemkab Balangan Fokus Tingkatkan Pemenuhan Infrastruktur dan Ekonomi

Headline9.com, BALANGAN - Peningkatan pemenuhan infrastruktur dan perekonomian menjadi fokus pertama dalam pembangunan di Kabupaten… Read More

21 jam ago

Diduga Sampah Dibuang Pedagang, Sungai Irigasi Gambut Tercemar

Headline9.com, MARTAPURA - Sampah yang belum dibersihkan dan dibiarkan menumpuk di Sungai Irigasi Gambut, Kabupaten… Read More

24 jam ago

This website uses cookies.