Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. BPD Berperan Penting pada Pembangunan Desa

BPD Berperan Penting pada Pembangunan Desa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa memiliki posisi yang strategis dalam menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat desa setempat. Perannya sangat besar dalam mempercepat keberhasilan pembangunan desa.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie saat membuka kegiatan Pengukuhan Pengurus Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banjar Periode 2021- 2026 di Wisma Sultan Sulaiman Martapura.

Kepada seluruh anggota BPD PABPDSI yang telah dikukuhkan Wakil Bupati Banjar mengucapkan selamat. Menurutnya,  PABPDSI merupakan rumah besar anggota BPD seluruh Indonesia dalam mewujudkan pemerintahan desa yang baik, serta mampu bersinergi dengan kepala desa.

BACA JUGA :  MTQ Ajang Evaluasi Pembelajaran Alquran

“Salah satu tugas fungsi pokok PABPDSI adalah menggerakkan, mendorong,  mempersatukan kualitas dan kapasitas anggota BPD dalam harkat derajat sebagai penyelenggara desa menuju desa yang bersih, mandiri,” ujarnya.

Sementara itu Ketua BPD PABPDSI Kabupaten Banjar Habib Ahmad Alkodiri, mengatakan kegiatan pengukuhan sekaligus rakor ini melibatkan 50 pengurus BPD Kecamatan se Kabupaten Banjar.  Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menfasilitasi rakor pengukuhan anggota sehingga terlaksana dengan baik.

Dikatakannya, BPD bersama sama kepala desa harus saling bersinergi dan bekerjasama untuk menciptakan iklim yang kondusif menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa  serta melakukan pengawasan kepala desa.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Sampaikan Pendapat Akhir APBD 2023

“Untuk itu kiranya semua dapat menyatukan langkah menyamakan cara pandang dalam membangun desa, hindari konflik dan arogansi serta perkuat koordinasi dan tingkatkan SDM aparatur pemerintahan desa dan BPD,”  harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum PABPDSI Provinsi Kalsel H Syahbuddin Nor , Kepala Dinas PMD Banjar H Syahrialuddin , Unsur Forkopimda Banjar , Ketua APDESI Banjar , Ketua PPDI Banjar serta para pengurus dan anggota PABPDSI Banjar.(lin)

Baca Juga