Sapu Bersih Jamban Terapung di Bantaran Sungai Teluk Selong Ulu

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Hari Bhakti Pekerjaan Umum Tahun 2018 di Kabupaten Banjar menitikberatkan dengan gotong royong bersama masyarakat Desa Teluk Selong Ulu, Kecamatan Martapura Barat.

Seluruh karyawan PUPR Banjar, kemarin (19/11) pagi beramai-ramai mengangkat 27 bilik jamban terapung yang berada di desa tersebut.

“Yang pasti setiap tahun kita selalu menggelar Hari Bhakti PU, ini bentuk sumbangsih PUPR Banjar kepada masyarakat, ” kata Kabid Cipta Karya Galuh Tantri Narindra.

Tantri juga menuturkan, menghapus jamban terapung Desa Telok Selong Ulu itu sebagai bentuk dukungan terhadap visi misi bupati Banjar H khalilurrahman. Beliau, ujarnya berkeinginan mengurangi 1000 jamban terapung di bantaran Sungai Martapura.

Tantri pun mengapresiasi masyarakat Teluk Selong Ulu, karena dari 50 unit safety tank yang dibantu, mereka mampu membangun 90 unit wc individual, baik bilik maupun safety tank. Karena itu, sebagai bentuk apresiasi PUPR melakukan gotong royong pembongkaran jamban.

Kepala Desa Teluk Selong Ulu Syarifudin mengatakan, aparat desa dan masyarakat sangat menyambut baik kegiatan pembongkaran jamban di desanya. Menurutnya, masyarakat telah dibangunkan wc individual untuk menggantikan jamban di sungai.