Categories: bappedalitbang

Perubahan Bappedalitbang Banjar Menjadi Bapperida Segera Terwujud

Headline9.com, MARTAPURA – Sekretaris Bappedalitbang, Hanafi, menghadiri Rapat Persiapan Pengukuhan Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) yang diadakan oleh Bagian Organisasi Setda Banjar. Acara ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Sekda Banjar, HM Hilman, dengan didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Banjar, Rahmat Dhani, pada Jumat (7/6/2024) pagi di ruang Sekda Banjar Martapura.

Dalam sambutannya, HM Hilman menyatakan bahwa untuk pembentukan Bapperida diperlukan beberapa persyaratan, termasuk produk turunan berupa Peraturan Bupati tentang Perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK).

“SOTK ini berdasarkan hasil diskusi mewajibkan penyesuaian ketentuan terbaru untuk transformasi organisasi. Transformasi ini juga mensyaratkan adanya perubahan sistem kerja sebelumnya,” ujar Hilman.

Sejalan dengan Sekda Banjar, Rahmat Dhani menyebutkan bahwa dalam pembentukan Bapperida masih ada beberapa kondisi yang harus dipertimbangkan, termasuk menunggu persetujuan atau rekomendasi dari provinsi terkait Peraturan Bupati SOTK Bapperida.

“SOTK Bapperida mengharuskan penghapusan jabatan Eselon IV di Bappedalitbang. Posisi Eselon IV ini akan dipindahkan ke beberapa Jabatan Fungsional (JF) seperti JF Perencana, JF Surveyor, JF Analis Kebijakan, JF Analis Data Ilmiah, dan JF Peneliti,” ungkap Dhani.

Kepala Bagian Organisasi, Santi Nurlaela, menjelaskan bahwa dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Kabupaten Banjar Nomor 2 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Banjar Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, perubahan ini dituangkan dalam Peraturan Bupati tentang Pembentukan Bapperida. Perubahan tersebut hanya mengubah nama Bappedalitbang menjadi Bapperida dan struktur organisasi dituangkan dalam Perbup.

“Saat ini Perbup masih dalam proses dan difasilitasi oleh provinsi. Provinsi mencatat bahwa selama struktur belum diubah, mereka tidak akan mengeluarkan rekomendasi,” jelas Santi.

Sekretaris Bappedalitbang, Hanafi, menambahkan bahwa sejumlah Eselon IV dan staf sudah mulai mengajukan diri untuk mengikuti uji kompetensi Fungsional Perencana.

“Sementara itu, untuk Analis Kebijakan sudah mendapatkan rekomendasi dari instansi pembina LAN RI, sedangkan JF Peneliti dan JF Analis Data Ilmiah masih menunggu rekomendasi dari BRIN,” tutup Hanafi.

Diketahui bahwa dalam struktur Bapperida, jabatan Eselon IV akan dihapus, hanya menyisakan Eselon III dan adanya penambahan struktur yaitu Unit Pelaksana Teknis Daerah dan Kelompok Jabatan Fungsional. Sementara itu, Sekretariat tetap terdiri dari tiga Kasubbag, yaitu Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Kasubbag Keuangan, dan Kasubbag Perencanaan.

Acara ini dihadiri oleh Bagian Organisasi, Bagian Hukum, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar.

lintang

Recent Posts

Tangkal Hoax, Jurnalis dan Diskominfo Sambangi Pemkab Semarang

Headline9.com, SEMARANG - Puluhan jurnalis ikut serta dalam rangkaian press tour yang diselanggarakan Dinas Komunikasi… Read More

5 hari ago

Pjs Bupati HST Ucapkan Terima Kasih ke Fraksi DPRD, Raperda APBD 2025 Minta Dipertajam

Headline9.com, BARABAI - Pjs Bupati HST H Faried Fakhmansyah menginginkan APBD 2025 dipertajam dalam pembahasan… Read More

5 hari ago

Digelaran Paripurna, Pjs Bupati HST Sampaikan Raperda APBD 2025

Headline9.com, BARABAI- Pjs Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Faried Fakhmansyah sampaikan Raperda APBD 2025… Read More

5 hari ago

Lima Fraksi Sampaikan Pandangannya Terkait Raperda Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah

Headline9.com,  BATULICIN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Rapat Paripurna… Read More

1 minggu ago

Balangan Perkuat Infrastruktur Demi Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan

Headline9.com, PARINGIN - Ketahanan pangan menjadi perhatian serius di seluruh dunia, terutama pasca pandemi COVID-19… Read More

1 minggu ago

Terpencil dan Memesona, Air Terjun Sidando Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Balangan

Headline9.com, PARINGIN - Air Terjun Sidando di Desa Puyun, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan,… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.