Categories: DPRD KALSEL

Komisi II DPRD Kalsel Laksanakan Studi Komparasi Implementasi Pengelolaan Keuangan

Headline9.com, BALI – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bali, Denpasar, pada Jumat (28/6/2024), dalam rangka studi komparasi.

Rombongan ini dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi dengan mengajak perwakilan Bapenda Kalsel agar dalam implementasinya berjalan sesuai harapan.

Komparasi ini juga berfokus menggali kebijakan perencanaan keuangan mengenai target pendapatan daerah dalam rangka penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kami ingin mengetahui bagaimana Bapenda Bali dapat memaksimalkan pendapatan daerah dan cara mengelola potensi pajak daerah melalui berbagai kebijakan yang diterapkan. Sifatnya ini uang rakyat, makanya yang mesti mendapat manfaatnya juga harus rakyat itu sendiri,” ujar dia.

Paman Yani (sapaan akrab) menyambut baik inisiatif ini dan menyatakan model kerjasama seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi Kalsel. Dikatakannya, di Kalsel sendiri, oleh Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, hal serupa sudah digaungkan, bahkan dari dua tahun ke belakang. Bapenda juga harus berinovasi untuk lebih banyak menyerap pajak dengan berbagai kemudahan.

Selama kunjungan kerja, rombongan Komisi II DPRD Kalsel mendapat informasi mengenai kerjasama yang dijalin antara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Bali dengan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui optimalisasi layanan Samsat di tingkat desa.

Sudi komparasi ini diterima langsung oleh Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Evaluasi Pendapatan Daerah, Ketut Ngurah Darma Adnyana. Dirinya menyambut baik hal ini. Menurutnya, pertemuan semacam ini merupakan hal positif selain bisa bertukar pikiran, kedatangan rombongan dari Kalsel juga akan menambah pendapatan asli daerah di Bali.

“Sekali lagi kami mengapresiasi kedatangan bapak-ibu, kami sangat senang dengan hadirnya bapak-ibu di sini karena sekaligus menambah pendapatan asli daerah juga. Mudah-mudahan pertemuan ini bermanfaat lewat hasil dari diskusi dan sharing-sharing kita” ucap dia.

Turut membersamai rombongan Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, yakni Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Pendapatan Daerah Bapenda Kalsel, Rahmanita Arifin beserta kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat.

Dirinya mengaku dari pertemuan ini mendapatkan banyak sekali gambaran bagaimana pemerintah Bali ini dalam hal pendapatan daerah.

“Ada banyak kesamaan antara Bali dan Kalsel, di antaranya inovasi yakni samsat antar jemput, hanya saja berbeda penamaan dengan yang di Bali yaitu Samsat Kerti (ke Rumah Tinggal), sama-sama inovasi untuk jemput bola memudahkan masyarakat,” Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Pendapatan Daerah Bapenda Kalsel, Rahmanita Arifin. (Adv/dprdkalsel)

lintang

Share
Published by
lintang

Recent Posts

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

8 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

9 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

20 jam ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

PLN Hadirkan SPKLU di Batulicin, Dukung Energi Ramah Lingkungan

Headline9.com, BATULICIN - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengusian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikawasan Batulicin,… Read More

2 hari ago

Muncul di Menit Akhir, Maulana Siap Berlaga di Pilkada Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU - Menjelang  pendaftaran pasangan calon (27-29 Agustus 2024), drama politik terus menggeliat di… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.