Categories: DPRD KALSEL

Upayakan Turunkan Stunting, Komisi IV DPRD Kalsel dan DP3AKB Lakukan Studi ke DIY

Headline9.com, YOGYAKARTA – Berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SDGI) di 2022 lalu, prevalensi stunting pada anak dibawah usia 2 tahun di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sempat turun drastis. Namun data terbaru saat ini kembali naik 0,1 persen. Terlihat naik tipis, namun tetap membuat waspada Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel yang membidangi kesejahteraan rakyat (kesra).

Rombongan dewan “rumah banjar” bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak & KB (DP3AKB) Provinsi Kalsel segera melakukan berbagai langkah agar angka tersebut tidak semakin meningkat, diantaranya dengan menggali informasi program unggulan di provinsi lain dengan prevalensi stunting lebih rendah, salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tepatnya Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY, Jumat, (28/5/2024).

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel, Firman Yusi, mengatakan saat ini di Kalsel butuh lebih banyak lagi program-program yang fokus pada pencegahan sebelum stunting itu sendiri terjadi.

“Selama ini di Kalsel kita agak terlalu fokus pada hilirnya, hilirnya misalnya pemberian makanan tambahan, dan sebagainya, tapi di hulunya barangkali agak kurang kenceng penanganannya,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB DP3AP2 Provinsi DIY, Soleh Anwari, mengatakan yang dilakukan DIY dalam penanganan stunting diantaranya adalah dengan meningkatkan sinergi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

“Kita inventarisasi masing-masing OPD melakukan apa-apa saja. Misal dari BKKBN DIY melakukan promosi dan KIE bersama DPR RI, Dinas Perikanan dan Kelautan DIY kampanye Gemarikan, Dinkes melaksanakan pembinaan Germas dan Posyandu, lalu DP3AP2 sosialisasi program KB & dapur sehat, dan sebagainya” jelas Firman.

Hanya saja terkait program pencegahan stunting di DIY menurut Soleh masih belum maksimal, salah satu contohnya program pembagian tablet tambah darah kepada anak-anak sekolah tingkat SMP dan SMA sebagai suatu upaya mencegah stunting, ternyata tidak dikonsumsi sesuai arahan.

Soleh juga menambahakan, pergerakan penanganan stunting ini tak lepas dari peran pemerintah kabupaten/kota, sehingga Pemerintah Provinsi DIY juga rutin melalukan pertemuan, rakor, hingga monitoring untuk mengoptimalkan penanganan stunting.

“Kemudian terkait anggaran terus diusahakan, bahkan Wakil Ketua DPRD kita memberikan anggaran perjadin keluar negerinya untuk kegiatan dari penurunan angka stunting ini,” tambahnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Gina Mariati, mengapresiasi program-program serta sinergitas yang dilakukan keseluruhan perangkat daerah di DIY dalam upaya penurunan angka stunting.

“Luar biasa sekali program disini, di DIY ini mereka didukung pemerintah dan DPRDnya, disini DPRD melalui pokirnya untuk bisa juga memberikan kegiatan untuk penurunan stunting. Lalu mereka juga ada program pendampingan untuk perempuan yang mau menikah, kemudian ada program menemani anak menyelesaikan makan sampai habis. Jadi di DIY ini mulai dari programnya hingga anggarannya sepenuhnya didukung,” ujar Gina. (Adv/dprdkalsel)

lintang

Share
Published by
lintang

Recent Posts

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

8 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

9 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

20 jam ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

PLN Hadirkan SPKLU di Batulicin, Dukung Energi Ramah Lingkungan

Headline9.com, BATULICIN - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengusian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikawasan Batulicin,… Read More

2 hari ago

Muncul di Menit Akhir, Maulana Siap Berlaga di Pilkada Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU - Menjelang  pendaftaran pasangan calon (27-29 Agustus 2024), drama politik terus menggeliat di… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.