1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Pameran Bonsai Meriahkan HUT RI ke-79 di Desa Sumber Rezeki,…

Pameran Bonsai Meriahkan HUT RI ke-79 di Desa Sumber Rezeki, dan Lahirkan PPBI Cabang Balangan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Semarak menyambut HUT RI ke-79 di Desa Sumber Rezeki, Kecamatan Juai terasa berbeda. Ratusan bonsai menawan dari berbagai penjuru Kalimantan Selatan tumpah ruah dalam Pameran Bonsai bertajuk “Hijau Bonsaiku Segar Oksigenku”, Sabtu, (10/08/2024).

Tak hanya memanjakan mata, acara yang digagas Komunitas Bonsai “Oyot Bengkong” ini juga menandai lahirnya Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Balangan yang mana acara ini berlangsung selama dua hari di tanggal 10-11 Agustus 2024.

Ketua Pelaksana Pameran, Imam, mengungkapkan bahwa acara ini merupakan dua dalam satu, yaitu pameran bonsai dan deklarasi Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Balangan.

“Kami berharap deklarasi ini tidak hanya menguatkan komunitas bonsai di Balangan, tetapi juga meningkatkan kualitas SDM dan memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat,” ujar Imam dengan penuh semangat.

BACA JUGA :  Balangan-Pemprov Kalsel Teken MoU Pariwisata Kawasan Hutan

Pameran ini menghadirkan sekitar 303 peserta dari berbagai penjuru, termasuk Banjarbaru, Kandangan, Barabai, Pantai Hambawang, dan tentu saja Paringin. Selain menampilkan bonsai yang menakjubkan, acara ini juga menyelenggarakan kompetisi di tiga kategori utama: Kelas Prospek, Kelas Jadi, dan Kelas Sovenir. Penilaian akan dilakukan oleh juri dari PPBI cabang Banjarmasin pada hari Minggu siang.

Ketua Komunitas Oyot Bengkong, Patur, menyatakan bahwa acara ini tidak hanya merayakan HUT RI ke-79, tetapi juga bertujuan mempererat hubungan antar anggota PPBI dan memperkenalkan keindahan bonsai kepada publik.

BACA JUGA :  Jembatan Darurat di Desa Auh Segera Dibangun

“Kami ingin menunjukkan pesona bonsai dan mengenalkan Desa Sumber Rezeki sebagai pusat pembudidayaan bonsai yang luar biasa,” kata Patur.

Sementara itu, Kepala Desa Sumber Rezeki, Kuwat, memberikan apresiasi tinggi kepada komunitas Oyot Bengkong.

“Kami sangat menghargai usaha komunitas Oyot Bengkong, yang merupakan satu-satunya komunitas bonsai di desa kami. Alhamdulillah, tahun ini adalah event pertama bagi mereka. Kami berharap tahun depan bisa dikembangkan lebih meriah lagi,” ujar Kuwat.

Pameran ini diharapkan tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memperkuat jaringan komunitas dan memberikan manfaat ekonomi bagi daerah.

Baca Juga