Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Sungai Tuan Ilir Siapkan Tempat Isolasi

Sungai Tuan Ilir Siapkan Tempat Isolasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA- Desa Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar tak mau ketinggalan dalam memerangi wabah corona virus disease covid-19. Berbagai upaya dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut, salah satunya dengan menyiapkan tempat isolasi bagi orang dalam pemantauan (ODP).

Desa Sungai Tuan Ilir juga telah membentuk relawan guna mewujudkan Desa Tangguh dan Tanggap Covid-19.

Menurut Ketua Relawan Desa Sungai Tuan Ilir, Dewi Erliyani, Posko yang sekaligus Ruang Isolasi sederhana dilengkapi dengan dua tempat tidur, lemari baju, kipas angin, kamar mandi dan toilet. “Kita juga sudah siapkan alat pengukur suhu tubuh tensi meter, oxygen serta APD,” jelasnya, Jumat 17/4/2020.

BACA JUGA :  Pemerintah Akan Buat Kartu Kendali Untuk LPG 3 Kg

Posko untuk melayani pengaduan dari masyarakat agar mudah mendapatkan penanganan serta informasi terkait virus corona. Juga sebagai ruang transit sementara bagi ODP khususnya warga Sungai Tuan Ilir yang datang dari luar daerah.

“Jika ada warga kita yang datang otomatis ditetapkan sebagai ODP, dan dipantau ada gejala maka ruang isolasi mandiri desa dapat digunakan. Pemdes akan memanggil petugas kesehatan dari puskesmas untuk menangani pasien,” terang Dewi.

Jika dalam penanganan diketahui bergejala lanjutan, maka petugas puskesmas dalam kesatuan gugus tugas akan merujuk pasien yang bersangkutan ke RSUD untuk ditangani.

BACA JUGA :  IPHI Banjarbaru Dilantik

Selain membuat posko Desa Tangguh dan Tanggap Covid-19, juga dilakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga. Relawan Desa Lawan Covid-19 yang terdiri dari BPD, RT, Bidan dan Aparat Desa Sungai Tuan Ilir, dan tokoh masyarakat.

“Kemarin penyemprotan juga disaksikan oleh Camat Astambul, Koramil Astambul. Target kami, sebelum ramadan sudah semua rumah warga disemprot disinfektan,” imbuh Dewi.

Kegiatan lainnya yakni pembagian masker yang diutamakan kepada lansia atau warga yang rentan terserang penyakit. Sambil memberi masker, relawan juga mengedukasi warga bagaimana cara menghindari terjangkitnya virus corona. (lin)

Baca Juga