Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Pemkab Banjar Rencanakan Bangun Drainase Modern Sekumpul Tahun 2021

Pemkab Banjar Rencanakan Bangun Drainase Modern Sekumpul Tahun 2021

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas PUPR Banjar melaksanakan pemaparan DED Drainase Sekumpul pada kegiatan Perencanaan Kawasan Wisata Religi Sekumpul Provinsi Kalsel kepada PUPR Provinsi Kalimantan Selatan secara virtual di Command Center Barokah Martapura, Senin (7/9/2020).

Hadir Sekda Banjar HM Hilman sekaligus Plt Kepala Dinas PUPR Banjar didampingi Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narindra, Kepala Disperkim Kabupaten Banjar Mursal, dan tamu undangan lainnya secara virtual.

HM Hilman mengungkapkan kawasan Sekumpul pada masalah permukiman yang paling utama saat ini adalah genangan air pada kawasannya.

“Akibat genangan ini otomatis mengganggu kualitas lingkungan hidup. Oleh karena, itu kami sangat menyambut baik atas upaya yang sudah dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel untuk memperhatikan Detail Engineering Design (DED) yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab Banjar,” ungkap Sekda.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Tak Tahu Ada Dugaan Kasus Pemalsuan Ijazah Pilkades 2021

DED sebagai bahan pertimbangan untuk pelaksanaan penataan kawasan wisata religi sekumpul yang rencana implementasi fisik pekerjaan itu dilaksanakan di tahun 2021 yang akan datang.

Sekda berharap dipertemuan kali ini bisa memberikan hasil yang optimal pada saat perencanaan hingga benar-benar bisa diwujudkan berdasarkan kriteria-kriteria Detail Engineering Design (DED).

Selain itu, Plt Kepala Dinas PUPR Banjar itu menyampaikan dalam paparannya terkait dengan kriteria drainase dalam perencanaan yang sudah direncanakan oleh konsultan dan didalam perencanaan tersebut sudah memenuhi standar.

BACA JUGA :  PUPR Kalsel Siap Bantu Penanganan Karhutla

“Minimal tidak ada terjadi genangan sepanjang tahun paling banyak 2 kali dalam satu tahun. Untuk 10 tahunan kemungkinan cuma ada genangan ditepi jalan dengan ketinggian sekitar 5-10cm dan itupun hanya menggenang selama 2 jam,” jelasnya.

Hilman juga menyampaikan total area yang menjadi penanganan di kawasan sekumpul kurang lebih 238 hektare dan total panjang untuk saluran kawasan sekumpul sepanjang kurang lebih 2040 meter.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kalsel juga turut mendukung perencanaan drainase dikawasan sekumpul ini, dengan harapannya DED Drainase Sekumpul pada kegiatan Perencanaan Kawasan Wisata Religi Sekumpul berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan.(*)

Baca Juga