Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Sosialisakan GIM, Untuk Tingkatkan Minat Baca

Sosialisakan GIM, Untuk Tingkatkan Minat Baca

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca (GIM), bertempat di Room Meeting Berlian Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru. Salah satu tujuan Gerakan Indonesia Membaca adalah untuk meningkatkan budaya literasi di masyarakat.

Panitia pelaksana kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca, yang juga Kasi Dikmas pada Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Hj Nurhilaliah SP menyampaikan bahwa dasar dari pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan Gerakan Indonesia Membaca tahun 2020 adalah Peraturan Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1224/C6/HK/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Pemerintah penyelenggaraan Gerakan Indonesia Membaca tahun 2020.

BACA JUGA :  Wartono Tinjau Pembangunan Laboratorium di SDN 3 Landasan Ulin

Dimana tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat untuk mendukung gerakan literasi masyarakat yang meliputi 6 literasi dasar yaitu: literasi baca tulis, literasi numeric, sains, literasi finasial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan. Mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan jumlah melek huruf. Tersosialisasinya Gerakan Literasi Masyarakat (GLM) dan memfasilitasi penyusunan rencana induk pengembangan literasi masyarakat tahun 2020-2024.

Peserta kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca adalag Camat, Lurah, TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) se Kota Banjarbaru. Dengan narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, BP-PAUD & DIKMAS Prov Kalsel, Balai Bahasa Prov Kalsel dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 14 Oktober 2020 di Room Meeting Berlian Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru.

BACA JUGA :  Udara di Banjarbaru Tidak Sehat

Adapun sasaran pelaksanaan Gerakan Indonesia Membaca adalah msyarakat (terutama remaja dan orang dewasa), para penggiat literasi, organisasi profesi/lembaga sosial dan kemasyarakatan serta dunia usaha/industri terkait. (lin)

Baca Juga