Pemprov Kalsel Serahkan 20 Ribu Sertifikat Tanah Gratis

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sertifikat tanah kepada 1 juta masyarakat Indonesia secara virtual. Sertifikat dibagikan ke 31 provinsi. Pembagian sertifikat dibagikan di Istana Negara, Senin (9/11/2020) siang.

Sertifikasi tanah merupakan program prioritasnya selama ini. Setiap tahunnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) harus membagikan sertifikat sesuai target. Bila tidak memenuhi target Jokowi mengingatkan semua untuk berhati-hati.

Jokowi secara virtual mengatakan program PTSL (Pendaftaran Tanah Sitstematis Lengkap), terus dilaksanakan sejak 2015.

“Program ini untuk menjamin kepastian hukum tanah masyarakat sekaligus mempermudah kepengurusan sertifikat,” kata Jokowi.

Sementara itu untuk Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyerahkan 20 ribu sertifikat gratis kepada lahan milik pribadi masyarakat yang dilaksanakan Kementerian ATR/BPN melalui  program PTSL.

Hadir dalam penyerahan sertifikat gratis tersebut Plt Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan dan Kepala Kanwil ATR/BPN Kalsel, Alen Saputera.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalsel, Alen Saputera, menyampaikan untuk Kalsel telah diterbitkan 20 ribu sertifikat, yang sebenarnya Kalsel sudah siap lebih dari 30 ribu.

Menurut Alen, animo masyarakat Kalsel untuk mengurus sertifikat  masih kurang. Sehingga pihaknya secara rutin datang sendiri melakukan pendekatan kepada masyarakat.

“Semoga ke depan, dengan melihat hasil kerja BPN Kalsel saat ini, maka masyarakat bisa mendukung program BPN melalui kesadaran mengurus sertifikat dengan lebih baik lagi kedepannya,” katanya.

Alen menambahkan, apabila masyarakat memiliki kepemilikan sertifikat maka hal ini meminimalisir potensi sengketa lahan nantinya. (HL9/Ptr)

aprilia

Recent Posts

Siap Jalankan 920 Program Bangga Kencana, Pemkab Banjar Miliki Kampung Keluarga Berkualitas Terbanyak Nasional

Headline9.com, MARTAPURA - Kabupaten Banjar kini resmi miliki Kampung Keluarga Berkualitas (KKB). Jumlahnya ada sekitar… Read More

27 menit ago

Tausyiah Guru Udin Awali Rangkaian Perayaan Mappanre Ri Tasi”e

Headline9.com, BATULICIN - Tabligh akbar bersama KH Zhofaruddin atau Tuan Guru Udin Samarinda mengawali rangkaian… Read More

6 jam ago

Pemkab Tanbu Terima Penghargaan Dari BKKBN

Headline9.com, BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) meraih penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga… Read More

6 jam ago

Deretan Artis Ibukota Bakal Ramaikan Event Mappanreritasi’e, Begini Persiapannya

Headline9.com, BATULICIN - Deretan artis ibukota Jakarta bakal meramaikan Event pesta  Mappanreritasi'e tahun 2024 di… Read More

6 jam ago

Tambahan Masa Jabatan Kades 8 Tahun Terkesan Abu-Abu, Pemkab Banjar Belum Terima Draf Turunan UU Desa

Headline9.com, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar belum bisa mengimplementasikan revisi Undang-Undang (UU) Desa Nomor 06… Read More

7 jam ago

Ada Aktivitas Tambang Galian C Tak Berizin di Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU – Kota Banjarbaru menegaskan tidak ada aktivitas pertambangan di wilayahnya. Namun faktanya masih… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.