Forkopimda Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Bupati Banjar didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar beserta Forkopimda mengikuti upacara peringatan Kesaktian Pancasila secara virtual, bertempat di gedung Mahligai Sultan Adam Martapura.

Upacara ini berdasarkan surat edaran Mendikbud tentang penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020, Kepala Daerah atau Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kantor/lembaga daerah wajib mengikuti upacara peringatan kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing masing.

Bertemakan “Indonesia maju berlandaskan Pancasila” upacara digelar di Monumen Pancasila Sakti lubang buaya, Jakarta Timur. Di Inspekturi oleh Presiden RI Joko Widodo, berlangsung sederhana dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Dalam pembacaan ikrar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyebutkan. kami menyadari sepenuhnya sejak dipriklamasikan kemerdekaan Negara kesatuan RI 17 agus tus 1945 pada kenyataannya ytelah banyak rongrongan dalam negeri dan luar negeri terhadap NKRI, bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan dikarenakan kelengahan kekurangwaspaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan pancasila sebagai ideologi negara.

“Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai luhur ideologi pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI, maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebaga sumber kekutan menggalang kebersamaan untuk memperjuangankan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutauhan NKRI,” demikian ikrar yang dibacakan dan ditandangani tersebut.

Pembacaan teks Pancasila oleh ketua MPR RI Bambang Soesatyo dilanjutkan pembacaan UUD 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy. (nsh)

aprilia

Recent Posts

Ini Keinginan Legislator Kapuas Pada Musrenbang RKPD Tahun 2025 Tingkat Kabupaten

Headline9.com, Kuala Kapuas - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Drs Syarkawi H… Read More

7 jam ago

Pemkab Kapuas Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten Susun RKPD 2025

Headline9.com, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas menggelar Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten… Read More

8 jam ago

Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Hadiri Musrenbang RKPD 2025

Headline9.com, Kuala Kapuas - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai mitra kerja pemerintah daerah mendukung… Read More

8 jam ago

Bupati HST Sampaikan LKPj Tahun 2023 Dalam Agenda Rapat Paripurna

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban… Read More

11 jam ago

Bupati HST Buka Musrenbang RKPD 2025, Aulia: Partisipasi Aktif Masyarakat Kunci Pembangunan

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi membuka secara resmi kegiatan… Read More

11 jam ago

Pedagang Pasar Kindai Limpuar Gambut Keluhkan Tarif Lapak dan Retribusi Keamanan yang Sering Berubah-ubah

Headline9.com, MARTAPURA -Sejumlah pedagang di Pasar Kindai Limpuar, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, mengeluhkan penarikan iuran… Read More

1 hari ago

This website uses cookies.