Pemkab Balangan Gelar Rakor Persiapan TMMD Ke – 155

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

headline9.com, PARINGIN – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang merupakan agenda tahunan serta termasuk agenda nasional yang selalu dilaksanakan di setiap daerah, begitupun Pemerintah Kabupaten Balangan juga termasuk daerah melaksanakan kegiatan tersebut.

Pemerintah Kabupaten Balangan bersama Kodim 1001/HSU-BALANGAN menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) mengenai persiapan TMMD Ke – 155 Tahun Anggaran 2022, bertempat di Aula Benteng Tundakan Paringin, Senin (07/03/2022).

Rakor yang dipimpin Bupati Balangan Abdul Hadi yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Sutikno.

Pada Rakor tersebut pula fokus membahas mengenai pembangunan akses warga di Desa Matang Hanau RT 05, Kecamatan Lampihong, Kalimatan Selatan.

Rencananya jalan yang dibangun sepanjang 2500 meter, lebar 4 meter dan tinggi 30 cm itu memakan biaya senilai 1,5 Milliar Rupiah.

BACA JUGA :  Melalui Home Care, Permudah Masyarakat Dalam Berobat

Sasaran kegiatan ini selain untuk perbaikan jalan namun juga untuk mengatasi bencana banjir tahunan yang sering terjadi, terlebih wilayah tersebut merupakan wilayah transmigrasi.

Sekda Balangan, Sutikno menjelaskan agar kegiatan ini terlaksana dengan maksimal maka perlu dilakukan persiapan lebih dini.

“Kita gaungkan lebih awal supaya kegiatan ini dapat berjalan lancar dan maksimal”, ucap Sutikno.

Dirinya juga memaparkan lokasi TMMD yang kerap terkena bencana banjir, bahkan pernah dilaksanakan normalisasi sungai untuk penanganan banjir tersebut.

“Saya harap, adanya kegiatan TMMD di Desa Matang Hanau dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” pungkas Sutikno.

Sementara, Letkol Inf Aldin Hadi mengatakan pelaksanaan TMMD ke – 155 ini akan dilaksanakan pada bulan September tahun 2022.

“Selain kegiatan fisik untuk penanganan akses jalan utama, kami juga melaksanakan kegiatan non fisik, seperti penyuluhan dan bakti sosial,” ujar Letkol Inf Aldin Hadi

BACA JUGA :  Terus Berinovasi, ITS Mandiri Jajaki Program Penempatan Alumni ke Jepang

Kegiatan nonfisik yang dimaksud di antaranya bakti sosial berupa pelayanan kesehatan, pelayanan KB, donor darah, khitanan massal dan bazar atau pasar murah. Sementara penyuluhan yakni penyuluhan KB, kesehatan, pertanian atau perkebunan, perikanan, peternakan dan stunting.

Ada pula penyuluhan UU lalu lintas, narkoba, karhutla dan penyuluhan bela negara, Siskamling , rekrutmen TNI Polri serta penyuluhan tangkal radikalisme.

Pelaksanaan TMMD ke 155 Kodim 1001/HSU-Balangan akan berlangsung selama 30 hari. Kegiatan tersebut ucap Letkol Inf Aldin Hadi adalah bentuk pengabdian TNI kepada rakyat, terutama dalam hal pembangunan. Dimana nantinya, personel TNI secara langsung melaksanakan kegiatan dan berinteraksi dengan warga. (Ald)

Baca Juga