Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Ngeri… 33 Provinsi Melaporkan Kasus DBD

Ngeri… 33 Provinsi Melaporkan Kasus DBD

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, BANJARMASIN – Potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat terjadi hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya membawa kemungkinan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor, puncak musim hujan pun berimbas pada meningkatnya risiko Demam Berdarah Dengue (DBD).

Melansir laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang kasus DBD di awal tahun 2019, sejumlah wilayah di Indonesia sudah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD. Wilayah tersebut meliputi Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Kapuas di Kalimantan Tengah, juga Kabupaten Manggarai Barat dan Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur.

Bahkan, data lain dari Kemenkes menyatakan, ada sebanyak 372 kabupaten atau kota yang telah melapor mendeteksi kasus DBD. Ratusan wilayah tersebut tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Sejak awal Januari 2019 Kemenkes menerima laporan dari sejumlah daerah, ada sebanyak 11.224 orang yang terjangkit DBD. Dari jumlah tersebut, 110 orang dilaporkan meninggal dunia.

BACA JUGA :  Bawa Sabu Pakai Motor Dinas, SR Diamankan di Mapolres Banjar

Tentang status KLB DBD, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, suatu daerah bisa menjadi KLB DBD jika terjadi percepatan pertambahan dan penyebaran kasus baru DBD dalam rentang bulan tertentu.

“Percepatan itu menunjukkan kenaikan dua kali lipat atau lebih dari kasus DBD di suatu daerah,” jelas Siti Nadia melansir laman Republika.co.id, Senin (28/1).

Menyikapi KLB DBD yang terus meluas, Supervisor Program Medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) dr Muhammad Riedha memberikan cara pencegahan penyebaran nyamuk yang praktis dapat dilakukan masyarakat.

“Hal pertama dapat dimulai dengan membersihkan dan menguras bak mandi, perabot rumah tangga atau apapun yang berpotensi menimbulkan genangan air. Genangan air ini yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk,” tuturnya.

Kemudian dr Riedha juga menyampaikan tentang pentingnya penggunaan kasa atau kawat nyamuk di jendela atau ventilasi rumah. “Cara ini pun berguna untuk menghalangi masuknya nyamuk yang berasal dari luar rumah,” jelasnya.

BACA JUGA :  Santri Diniah Bersaing di Porsadin. Berlomba pada 12 Cabor Berbasis Keagamaan

Selagi menghadapi puncak musim penghujan, dr Riedha mengingatkan untuk terus menjaga agar KLB DBD tak meluas, dimulai dari lingkungan keluarga terdekat.

“Sebaran nyamuk dengue ini akan semakin banyak ketika musim penghujan datang. Banyaknya area lembab dan genangan menjadi lahan subur kembang biak nyamuk. Prinsipnya, perkembangan nyamuk dengue ini mengikuti curah hujan juga kelembaban. Cara pencegahan berkembangnya nyamuk dengue bisa dimulai dari lingkungan rumah,” pungkasnya.

Kepala Cabang ACT Kalsel Arie Setiawan juga turut menghimbau kepada masyarakat Kalimantan Selatan untuk mewaspadai ancaman KLB DBD. “Meski Kalimantan Selatan tidak dinyatakan KLB, namun kasus DBD di sini juga cukup serius. Mari jaga kebersihan lingkungan kita sebagai upaya pencegahan,” ucap Arie. )Humas ACT Kalsel/
Retno Sulisetiyani)

Baca Juga