Categories: Banjarbaru

Pembangunan Embung Gunung Kupang untuk Tangkal Banjir Cempaka

Headline9.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, membagikan inisiatif Pemerintah Kota Banjarbaru dalam mengatasi masalah banjir yang sering melanda wilayah Cempaka, melalui pembangunan embung di Gunung Kupang.

Aditya mengungkapkan upaya ini saat berdialog dengan warga dan mengadakan audiensi di Kecamatan Cempaka, di Aula Kantor Camat Cempaka pada Selasa (17/10/2023).

“Kenapa lokasinya dipilih di Gunung Kupang? Karena menurut penelitian, sebagian besar air yang turun ke wilayah Cempaka berasal dari Gunung Kupang,” paparnya.

Berdasarkan penelitian tersebut, Wali Kota yang akrab disapa Ovie ini memutuskan untuk membangun embung di Kelurahan Cempaka, Gunung Kupang, yang memiliki luas mencapai 3,5 hektar.

“Embung ini memiliki kedalaman yang cukup, di mana diperkirakan sekitar 30 juta liter air akan tersimpan di Embung Gunung Kupang. Dengan tersimpannya air di sana, debit air yang mengalir ke wilayah Cempaka diharapkan dapat berkurang,” tambahnya.

Selain itu, Aditya juga berbicara tentang upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Cempaka. Ia berencana untuk menyumbangkan mobil pemadam kebakaran.

“Ini bulan ini, kami akan mendapatkan mobil rescue. Tahun depan, kami akan membeli dua unit mobil pemadam kebakaran lagi. Salah satu mobil pemadam yang telah kami miliki sebelumnya, insya Allah akan kami hibahkan ke wilayah Cempaka,” ungkapnya.

Wali Kota Aditya juga memperkenalkan aplikasi Idaman Publik dan Idaman Office kepada warga Cempaka. Ini bertujuan untuk mempermudah warga dalam mengakses layanan pemerintah melalui aplikasi.

lintang

Recent Posts

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

12 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

13 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

24 jam ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

PLN Hadirkan SPKLU di Batulicin, Dukung Energi Ramah Lingkungan

Headline9.com, BATULICIN - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengusian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikawasan Batulicin,… Read More

2 hari ago

Muncul di Menit Akhir, Maulana Siap Berlaga di Pilkada Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU - Menjelang  pendaftaran pasangan calon (27-29 Agustus 2024), drama politik terus menggeliat di… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.