Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Pelayang Internasional Meriahkan Tanbu Internasional Kite

Pelayang Internasional Meriahkan Tanbu Internasional Kite

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Tananah Bumbu (Tanbu) Internasional Kite Festival atau Festival Layang-layang tersebut berlangsung 21-22 Oktober 2023 di Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, dibuka langsung oleh Bupati Tanbu, dr. HM. Zairullah Azhar, sabtu (21/10).

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinas Budporpar) Tanbu, H. Syamsuddin mengatakan peserta berasal dari pelayang lokal, domestik hingga mancanegara.

“Ada pelayang dari Swiss, Australia, India, New Zealand, korea selatan, Timor Leste dan Inggris yang sudah menerbangkan layang-layangnya di Pantai Pagata,” kata Syamsuddin.

BACA JUGA :  Peringati World Cleanup Day 2022 Sekda Tanbu Bersama DLH Gelar Aksi Bersih-bersih

Syamduddin menambahkan kegiatan ini merupakan instruksi Bupati Zairullah Azhar untuk memperkenalkan destinasi wisata dan menarik wisatawan.

“Para pelayang ini nantinya akan memperkenalkan ke Negaranya masing-masing destinasi wisata di Bumi Bersujud yang sudah mereka kunjungi,” ujarnya.

Menurutnya, sektor pariwisata menjadi salah satu strategi Pemkab Tanbu kedepan untuk menciptakan sumber pendapatan asli daerah baru.

“Karena sektor pariwisata ini merupakan potensi yang tidak akan pernah habis, berbeda dengan sumber daya alam seperti minyak, batubara ataupun logam yang akan habis,” ucapnya.

BACA JUGA :  Dua Usulan Cagar Budaya Disidangkan

Terpantau, sejak di buka Bupati, beberapa pelayang lokal, domestik dan mancanegara mulai menerbangkan layangan di langit Pantai Pagatan.

Salah satunya, layang-layang berantai milik pelayang asal Negara India yang berukuran besar. Berbentuk mirip seperti ular kobra dengan paduan warna biru dan kuning.

Sementara beberapa layang-layang milik pelayang domestik dan lokal, kebanyakan menampilkan layang-layang dengan karakter satwa seperti ikan, naga dan ular. (MHL)

Baca Juga