Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tapin
  4. »
  5. Permudah Masyarakat, Pemkab Tapin Mantapkan Diri Bakal Buka MPP Tingkat…

Permudah Masyarakat, Pemkab Tapin Mantapkan Diri Bakal Buka MPP Tingkat Kecamatan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, RANTAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin bakal membangun mini Mal Pelayanan Publik (MPP) di setiap kecamatan. Hal ini selaras dengan programnya untuk memberikan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat.

Pj Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, menjelaskan, usai melakukan kaji tiru ke Pemkab Sidoarjo setidaknya pemantapan untuk memiliki MPP ditingkat kecamatan di Kabupaten Tapin bisa tercapai.

“Kita menginginkan perbedaan antara MPP kecamatan dan induk di kabupaten. Kemarin, kita sempat mendatangi Pemkab Sidoarjo mereka itu mempunyai MPP ditingkat kecamatan,” ujarnya, saat tim healine9.com berkunjung di kediamannya, di Jalan Brigjen Hasan Basri, Desa Perintis Raya, Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Minggu (12/11) siang.

BACA JUGA :  Harjad ke 58, Pj Bupati Tapin Terima Penyaluran Bantuan Bea Siswa Kurang Mampu Dari PT BMB Blok II

Sebagai penunjang agar terealisasi, Syarifuddin menyebut, diperlukan jaringan internet dan Sumber Daya Manusianya (SDM) untuk memaksimalkan mini Mal Pelayanan Publik (MPP) di kecamatan.

“Sedangkan, akses internet di kecamatan tidak merata hanya di sekitar perkotaan saja,” ungkapnya.

Namun demikian, ia mengatakan, bakal mencoba program tersebut lewat kantor kecamatan yang dianggap sudah siap. “Mulai akses internetnya, SDM hingga infrastrukturnya,” papar Syarifuddin yang juga kini juga aktif menjabat Kadis Pariwisata Kalsel.

Isi layanan yang rencananya disediakan Pemkab Tapin ditingkat kecamatan di antaranya pencatatan kependudukan (Dukcapil), pajak daerah, SKCK, KUA, BPJS hingga pelayanan perbankan.

BACA JUGA :  Pemkab Tapin Dukung Expedisi Offroad Jalur 'Perawan' di Kawasan Geopark Meratus

“Sekitar 12 layanan yang dikaji SKPD dilingkungan Pemkab Tapin saat berada dimini MPP Sidoarjo,” ungkap dia.

Tentu, tujuan besar Syarifuddin yang ditunjuk Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sebagai Penjabat (Pj) Bupati, tidak lain adalah untuk memudahkan masyarakat khususnya di Kabupaten Tapin dalam mendapatkan pelayanan secara maksimal.

“Sehingga, ini secara mudah membuka potensi kemajuan wilayah salah satu ditingkat kecamatan, baik ekonomi ataupun sosialnya,” tutupnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga