Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. bappedalitbang
  4. »
  5. Bappedalitbang Banjar Laksanakan Pemutakhiran Data Perencanaan Pembangunan

Bappedalitbang Banjar Laksanakan Pemutakhiran Data Perencanaan Pembangunan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan Kabupaten Banjar melakukan Focused Group Discussion (FGD) terkait pemutakhiran Data Perencanaan Pembangunan. Acara ini dilaksanakan pada Senin dan Selasa, 30 s.d 31 Oktober 2023, di Aula Bauntung Bappedalitbang, dipimpin oleh Kabid Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi, Mujahid, SE., ME.

PDRB triwulanan menjadi fokus pembahasan utama dalam rapat tersebut. Keuntungan dari data triwulanan terletak pada kemampuannya memberikan gambaran perekonomian dengan lebih cepat dibandingkan dengan data tahunan. Data ini juga dapat digunakan untuk menganalisis volatilitas jangka pendek dan siklus bisnis, serta memberikan periode data yang lebih banyak untuk peramalan (forecasting) daripada data tahunan.

BACA JUGA :  Evaluasi Pengisian Simondalev pada Mitra Bidang IK, Bappedalitbang Banjar Ingatkan Kesesuaian Target Fisik dan Keuangan

Kabid Mujahid menjelaskan bahwa urgensi PDRB triwulanan untuk Kabupaten/Kota terletak pada kebutuhan banyak pengguna data pusat maupun daerah yang memerlukan informasi tersebut. PDRB triwulanan menjadi indikator berfrekuensi tinggi yang sangat diperlukan untuk respon kebijakan yang cepat, terutama dalam situasi di mana aktivitas ekonomi berubah dengan cepat, seperti pada masa krisis COVID-19.

BACA JUGA :  Bappedalitbang Banjar Gelar Sosialisasi RAD TPB

Dalam FGD ini, turut hadir Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Banjar, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Banjar, serta seluruh Kabid, Kasubbid, dan Kasubag Bappedalitbang Kabupaten Banjar. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun analisis data dan informasi perencanaan pembangunan, khususnya terkait PDRB triwulan III. (Bappedalitbang/headline9)

Baca Juga