1. Home
  2. »
  3. Pilkada
  4. »
  5. Terima 2 Kontainer Surat Suara, KPU Kabupaten Banjar Hitung Lagi…

Terima 2 Kontainer Surat Suara, KPU Kabupaten Banjar Hitung Lagi Jumlahnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Suara suara untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Banjar, akhirnya tiba di gudang logistik. Berdasarkan data, sedikitnya dua kontainer yang membawa surat suara dari Banjarmasin menuju Banjarbaru itu totalnya berjumlah 862 box.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar, Muhammad Nor Aripin, mengatakan, jumlah lembar surat suara yang diterima pihaknya harus disortir lagi alias penghitungan ulang supaya mengetahui jumlah setiap dalam box itu.

“Kalau untuk mengetahui jumlahnya berapa kita harus melakukan mekanisme sortir dulu ya. Nah, barulah keluar jumlah tersebut. Karena kalau diperkirakan kita tak bisa seperti itu,” ucapnya, disela menerima surat suara di gudang logistik KPU Kabupaten Banjar, di Banjarbaru, Senin (18/12).

BACA JUGA :  Amran Sulaiman : Ingin Sejahtera, Bangkitkan Pertanian, Pilih Pakarnya

Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Banjar jumlahnya mencapai 421.577 pemilih. Namun, untuk memastikan agar tak salah, kata Aripin, sekali lagi harus dilakukan menyortiran surat suara.

“Ini hasil pleno kita di bulan Juli kemarin. Yang jelas, acuan dasarnya pengjuan surat suara itu berdasarkan jumlah pemilih kita,” ungkap dia.

BACA JUGA :  KPU Banjar Gelar Rapat Pleno Perhitungan Suara Calon Gubernur Kalsel

Tindaklanjut agar tak terjadi kekeliruan dalam surat suara pemilihan caleg, ia menegaskan, antisipasinya sudah dilakukan lebih awal. “Proses validasinya telah kita laksanakan sebanyak 2 kali melibatkan peserta pemilih, KPU pusat, dan daerah,” ucapnya.

Kabarnya, dua kontainer yang didaratkan di gudang logistik KPU Kabupaten Banjar, 862 box ini per dusnya berisikan sekitar 500 surat suara. Terdiri dari DPD, DPRD kabupaten, dan DPRD Kalsel.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga