Categories: BarabaiUncategorized

Dukung Tradisi Turun Temurun, Bupati HST Siap Daftarkan ‘Batumbang Apam’ ke Kemendikbudristek RI

Headline9.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi, mendukung penuh warisan budaya di daerahnya. Salah bentuk dedikasinya untuk kebudayaan itu, maka diselenggarakannya pelaksanaan Batumbang Apam, di Desa Pajukungan, Kecamatan Barabai, Kamis (11/4/2024).

“Yang jelas, kita sangat mendukung dengan kebudayaan ini. Batumpang Apam bertujuan mengenalkan ke anak-anak dan lingkungan Masjid sejak dini,” ungkap dia, dalam sambutannya yang dihadiri sejumlah kepala SKPD dan masyarakat dari berbagai desa di Kabupaten HST.

Agenda yang sudah digelar setiap tahun saat momen lebaran itu, dilaksanakan rutin di Masjid Al Munawarrah. Di mana, rangkaian yang selalu dihadiri orang nomor satu di HST ini sudah kali ketiganya menghadiri penyelenggaraan tersebut.

Kepala Desa Pajukungan, Suparyono, mengungkapkan, pada gelaran ini antusias warga untuk mengikuti tradisi Batumbang Apam itu sangat antusias. Mengingat, kegiatan ini juga dibuka untuk umum.

“Peserta Batumbang Apam dilakukan jauh-jauh hari sebelum lebaran,” ungkapnya.

Banyaknya warga yang ikut dalam penyelenggaraan ini tidak lepas dari dukungan penuh pemerintah daerah setempat. “Terima kasih, Pemkab HST terus mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan tradisi Batumbang Apam,” tutur Yono.

Imran, selaku warga setempat berharap, kebudayaan ini terus dilaksanakan sampai ke anak cucu berikutnya. Mengingat, ini merupakan warisan yang harus tetap dilestarikan keberadaannya.

“Ini kali keduanya kami ikut, semoga tradisi tersebut tetap digelar tiap tahunnya,” pungkasnya.

Bentuk keseriusan Aulia agar Batumpang Apam ini tetap bertahan dan tak hilang dari generasi ke generasi, Pemkab HST mendaftarkan secara resmi ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI sebagai warisan Budaya tak Benda Indonesia (WBtB) asli dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Prokopim Setdakab HST
Reporter : Ahmad Farisal | Editor : Nashrullah

lintang

Recent Posts

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

12 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

12 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

23 jam ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

PLN Hadirkan SPKLU di Batulicin, Dukung Energi Ramah Lingkungan

Headline9.com, BATULICIN - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengusian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikawasan Batulicin,… Read More

2 hari ago

Muncul di Menit Akhir, Maulana Siap Berlaga di Pilkada Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU - Menjelang  pendaftaran pasangan calon (27-29 Agustus 2024), drama politik terus menggeliat di… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.