Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Dukung Tradisi Turun Temurun, Bupati HST Siap Daftarkan ‘Batumbang Apam’…

Dukung Tradisi Turun Temurun, Bupati HST Siap Daftarkan ‘Batumbang Apam’ ke Kemendikbudristek RI

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi, mendukung penuh warisan budaya di daerahnya. Salah bentuk dedikasinya untuk kebudayaan itu, maka diselenggarakannya pelaksanaan Batumbang Apam, di Desa Pajukungan, Kecamatan Barabai, Kamis (11/4/2024).

“Yang jelas, kita sangat mendukung dengan kebudayaan ini. Batumpang Apam bertujuan mengenalkan ke anak-anak dan lingkungan Masjid sejak dini,” ungkap dia, dalam sambutannya yang dihadiri sejumlah kepala SKPD dan masyarakat dari berbagai desa di Kabupaten HST.

Agenda yang sudah digelar setiap tahun saat momen lebaran itu, dilaksanakan rutin di Masjid Al Munawarrah. Di mana, rangkaian yang selalu dihadiri orang nomor satu di HST ini sudah kali ketiganya menghadiri penyelenggaraan tersebut.

BACA JUGA :  Lanal Kotabaru Gelar Vaksinasi Covid-19 Dikampung Bahari Pulau Burung.

Kepala Desa Pajukungan, Suparyono, mengungkapkan, pada gelaran ini antusias warga untuk mengikuti tradisi Batumbang Apam itu sangat antusias. Mengingat, kegiatan ini juga dibuka untuk umum.

“Peserta Batumbang Apam dilakukan jauh-jauh hari sebelum lebaran,” ungkapnya.

Banyaknya warga yang ikut dalam penyelenggaraan ini tidak lepas dari dukungan penuh pemerintah daerah setempat. “Terima kasih, Pemkab HST terus mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan tradisi Batumbang Apam,” tutur Yono.

Imran, selaku warga setempat berharap, kebudayaan ini terus dilaksanakan sampai ke anak cucu berikutnya. Mengingat, ini merupakan warisan yang harus tetap dilestarikan keberadaannya.

BACA JUGA :  Pemprov Kalsel Bakal Tanam Jutaan Pohon Antisipasi Banjir

“Ini kali keduanya kami ikut, semoga tradisi tersebut tetap digelar tiap tahunnya,” pungkasnya.

Bentuk keseriusan Aulia agar Batumpang Apam ini tetap bertahan dan tak hilang dari generasi ke generasi, Pemkab HST mendaftarkan secara resmi ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI sebagai warisan Budaya tak Benda Indonesia (WBtB) asli dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Prokopim Setdakab HST
Reporter : Ahmad Farisal | Editor : Nashrullah

Baca Juga