Categories: Disporapar Kalsel

Gubernur Kalsel Pimpin Upacara HUT Proklamasi Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan ke-75, Kadispora: Ini Harus Diwarisi Generasi Muda

Headline9.com, KANDANGAN – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, memimpin langsung upacara peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang ke- 75, di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Jumat (17/5/2024).

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengingatkan, pada momentum ini sebagai generasi penerus bangsa mengenang jasa para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan daerah khususnya Kalsel menjadi suatu keharusan. Mengingat, kegigihan dan semangat juang mereka patut dicontoh.

Terkhusus, kepada generasi pemuda di provinsi ini menjadi harapan besar ke depan untuk meneruskan perjuangan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mari kita menghayati semangat juang, karakter tangguh, gigih, disiplin dan pantang menyerah para pejuang kita,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kalsel ini mengungkapkan, Proklamasi 17 Mei yang dulu diproklamirkan merupakan bagian dari sejarah Kalimantan yang tak akan lekang oleh zaman. Tokoh banua menunjukan kegigihannya mempertahankan Kalimantan sebagai bagian dari NKRI.

“Kerja sama serta solidaritas yang dibingkai dalam rasa cinta tanah air justru menjadi kunci dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia yang sejati,”ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Kadispora Kalsel yang juga menjabat sebagai Pj Bupati HSS, Hermansyah, Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, dan jajaran Forkompimda Kalsel.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel, Hermansyah, berpesan, kepada generasi muda bahwa semangat para pahlawan bisa menjadi modal dasar untuk terus belajar.

“Hal sama juga disampaikan bapak Gubernur, supaya mereka siap untuk menghadapi tantangan di zamannya masing – masing,” katanya.

Yang jelas, kata dia, dengan menjaga marwah atas lahirnya Proklamasi tersebut peran gerenasi muda bisa mewarisi nilai-nilai juang pada pendahulunya yang memperjuangkan kemerdekaan ini khususnya yang ada di Kalimantan Selatan.

“Nah, ini lah yang harus diketahui oleh generasi muda agar mengetahui bagaimana perjuangan mereka yang sudah meneteskan air mata, keringat bahkan nyawa sekalipun. Kita bersaksi, bahwa Kalsel merupakan bagian dari NKRI yang tak pernah terpisahkan,” pungkas Hermansyah, yang juga dipercaya menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS). (Adv/Dispora)

Reporter : Iwan
Editor : Nashrullah

lintang

Share
Published by
lintang

Recent Posts

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

11 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

11 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

22 jam ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

PLN Hadirkan SPKLU di Batulicin, Dukung Energi Ramah Lingkungan

Headline9.com, BATULICIN - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengusian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikawasan Batulicin,… Read More

2 hari ago

Muncul di Menit Akhir, Maulana Siap Berlaga di Pilkada Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU - Menjelang  pendaftaran pasangan calon (27-29 Agustus 2024), drama politik terus menggeliat di… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.