Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Disporapar Kalsel
  4. »
  5. Gubernur Kalsel Pimpin Upacara HUT Proklamasi Tentara ALRI Divisi IV…

Gubernur Kalsel Pimpin Upacara HUT Proklamasi Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan ke-75, Kadispora: Ini Harus Diwarisi Generasi Muda

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor didampingi Pj Bupati HSS, H Hermansyah, yang juga definitif Kadispora Kalsel berfoto bersama, di depan Monumen Proklamasi 17 Mei 1949, Batu Bini, Padang Batung, HSS.

Headline9.com, KANDANGAN – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, memimpin langsung upacara peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang ke- 75, di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Jumat (17/5/2024).

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengingatkan, pada momentum ini sebagai generasi penerus bangsa mengenang jasa para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan daerah khususnya Kalsel menjadi suatu keharusan. Mengingat, kegigihan dan semangat juang mereka patut dicontoh.

Terkhusus, kepada generasi pemuda di provinsi ini menjadi harapan besar ke depan untuk meneruskan perjuangan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mari kita menghayati semangat juang, karakter tangguh, gigih, disiplin dan pantang menyerah para pejuang kita,” ucapnya.

BACA JUGA :  Diikuti 27 Provinsi se- Indonesia, 436 Atlet Siap Berlaga di Kejurnas Pencak Silat 2024 di Kalsel

Orang nomor satu di Kalsel ini mengungkapkan, Proklamasi 17 Mei yang dulu diproklamirkan merupakan bagian dari sejarah Kalimantan yang tak akan lekang oleh zaman. Tokoh banua menunjukan kegigihannya mempertahankan Kalimantan sebagai bagian dari NKRI.

“Kerja sama serta solidaritas yang dibingkai dalam rasa cinta tanah air justru menjadi kunci dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia yang sejati,”ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Kadispora Kalsel yang juga menjabat sebagai Pj Bupati HSS, Hermansyah, Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, dan jajaran Forkompimda Kalsel.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel, Hermansyah, berpesan, kepada generasi muda bahwa semangat para pahlawan bisa menjadi modal dasar untuk terus belajar.

BACA JUGA :  POPDA Kalsel 2024 Berakhir, Banjarmasin Berhasil Jadi Juara Umum

“Hal sama juga disampaikan bapak Gubernur, supaya mereka siap untuk menghadapi tantangan di zamannya masing – masing,” katanya.

Yang jelas, kata dia, dengan menjaga marwah atas lahirnya Proklamasi tersebut peran gerenasi muda bisa mewarisi nilai-nilai juang pada pendahulunya yang memperjuangkan kemerdekaan ini khususnya yang ada di Kalimantan Selatan.

“Nah, ini lah yang harus diketahui oleh generasi muda agar mengetahui bagaimana perjuangan mereka yang sudah meneteskan air mata, keringat bahkan nyawa sekalipun. Kita bersaksi, bahwa Kalsel merupakan bagian dari NKRI yang tak pernah terpisahkan,” pungkas Hermansyah, yang juga dipercaya menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS). (Adv/Dispora)

Reporter : Iwan
Editor : Nashrullah

Baca Juga