Categories: Disporapar Kalsel

POPDA Kalsel 2024 Berakhir, Banjarmasin Berhasil Jadi Juara Umum

Headline9.com, KANDANGAN – Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Kalimantan Selatan 2024 akhirnya selesai digelar, Minggu (19/5/2024). Banjarmasin menjadi juara umum dengan meraih 21 medali emas, 6 perak, dan 13 perunggu.

Jika sebelumnya, POPDA Kalsel 2024 dibuka Senin (13/5/2024) lalu, oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan dan dihadiri Kadispora, Hermasyah dan Forkopimda HSS. Penutupan POPDA Kalimantan Selatan 2024 kali ini agak berberda atau tak digelar secara serimonial. Hanya dihelat melalui penyerahan medali kepada juara dari masing-masing cabang olahraga (cabor).

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Kalsel, Hermansyah, mengatakan, dari perhelatan yang diikuti ribuan atlet pelajar tersebut di antaranya memperebutkan 206 medali. Yakni 55 medali emas, 55 perak, dan 96 perunggu.

“Event ini diikuti atlet pelajar sebanyak 1.338 orang, 266 orang pelatih, 82 orang offisial, dan 168 orang perangkat pertandingan. Total yang dilibatkan sekirar 2.000 orang,” katanya.

Hermansyah yang juga menjabat sebagai Pj Bupati HSS, mengucapkan, banyak-banyak terima kasih kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yang mendukung penuh perhelatan ini.

Total medali yang diberikan dari 8 Cabor yang diperlombakan sebanyak 55 emas, 55 perak dan 101 perunggu. Cabor tersebut di antaranya, bola basket, volley, bulutangkis, sepak bola, sepak takraw, tinju, pencak silat, dan tennis.

“Mudah-mudahan kita ini terus bisa dilaksanakan,” singkat usai menyerahkan medali kepada peraih juara umum POPDA Kalsel 2024.

Diketahui, untuk peringkat ke 2 diraih oleh Ibu Kota Kalsel yaitu Banjarbaru dengan 11 emas , 7 perak, 13 perunggu. Peringkat ke- 3 adalah Kabupaten Tanah Laut, dengan perolehan 8 emas, 7 perak dan 9 perunggu. Disusul Kabupaten Banjar, 3 emas, 10 perak, dan 13 perunggu. Peringkat ke- 5 Tanah Bumbu, dengan meraih perolehan 3 medali emas, 2 perak, 8 perunggu, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sebagai tuan rumah meraih 2 medali emas, 5 perak dan 6 perunggu.

Sementara, peringkat ke- 7 diraih oleh Kabupaten Tapin yang berhasil meraih 2 emas dan 6 peruggu. Balangan, 2 emas 4 perunggu, Hulu Sungai Tengah (HST), 1 emas, 6 perunggu dan 12 perak.

Untuk peringkat ke- 10 diraih Kabupaten Tabalong, dengan perolehan 1 emas, 4 perak dan 4 perunggu. Posisi 11 diraih Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), 1 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Peringkat 12 Kabupaten Barito Kuala, memperoleh 4 perak, 3 perunggu dan peringkat paling bontot adalah Kabupaten Kotabaru yakni 2 perak dan 3 perunggu. (adv/Dispora)

Reporter : Iwan
Editor : Nashrullah

lintang

Share
Published by
lintang

Recent Posts

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

10 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

11 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

22 jam ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

PLN Hadirkan SPKLU di Batulicin, Dukung Energi Ramah Lingkungan

Headline9.com, BATULICIN - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengusian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikawasan Batulicin,… Read More

2 hari ago

Muncul di Menit Akhir, Maulana Siap Berlaga di Pilkada Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU - Menjelang  pendaftaran pasangan calon (27-29 Agustus 2024), drama politik terus menggeliat di… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.