Categories: Uncategorized

Posyandu Tunas Harapan Wakili HST ke Tingkat Provinsi

Headline9.com, BARABAI– Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Tunas Harapan, Desa Hantakan mewakili Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di lomba tingkat provinsi.

Posyandu ini dinilai langsung oleh tim verifikasi lapangan dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Selasa (21/5/2024) siang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Nurul Ahdani menyampaikan beberapa kriteria dalam penilaian posyandu diantaranya yaitu tahapan input, proses dan output, ditambah lagi dengan inovasi posyandu.

“Tahapan input berupa dukungan kebijakan, SK posyandu dan tim pokjanal dari kabupaten, kecamatan, desa, Gedung, sarana dan prasarana, serta pembiayaan, proses yang meliputi pelatihan kader, pembinaan dari tim pokjanal dan rencana kerja, sementara output berupa jenis layanan, cakupan program dan capaian kinerja posyandu.” Jelasnya

“Kegiatan Posyandu tingkat RT/RW akan lebih efektif karena melaksanakan pelayanan untuk seluruh sasaran siklus hidup mulai dari ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, usia produktif dan lansia secara terpadu dan terintegrasi yang diperkuat kunjungan rumah oleh kader secara rutin dan terencana,” tambahnya.

Ia berharap lomba ini dapat menjadikan posyandu ini sebagai model atau contoh bagi posyandu lainnya, sehingga apa yang sudah diupayakan oleh desa bersama posyandu dan elemen lainnya akan membuahkan hasil yang baik, tidak hanya prestasi tapi juga budaya berperilaku hidup bersih dan sehat yang akan diteruskan ke generasi berikutnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan HST dr Desfi Delfiana Fahmi menyebutkan ada beberapa inovasi di posyandu ini.

Diantaranya Sahabat ASI yaitu pendamping ASI eksklusif yang merupakan kerjasama dengan TP PKK HST dan Suling Bambu berupa story telling dukung gerakan posyandu bekerjasama dengan dinas perpustakaan dan beberapa inovasi lainnya yang sudah dilaksanakan di posyandu ini.

“Mudah-mudahan kami bisa memberikan yang terbaik untuk posyandu dan kader kita, dan harapan kami semoga bisa menjadi juara dalam Penilaian Lomba Posyandu dan Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ini.” Harapnya.

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan untuk masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. (Adv/prokopim HST)

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

lintang

Recent Posts

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

12 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

12 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

23 jam ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

PLN Hadirkan SPKLU di Batulicin, Dukung Energi Ramah Lingkungan

Headline9.com, BATULICIN - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengusian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikawasan Batulicin,… Read More

2 hari ago

Muncul di Menit Akhir, Maulana Siap Berlaga di Pilkada Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU - Menjelang  pendaftaran pasangan calon (27-29 Agustus 2024), drama politik terus menggeliat di… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.