Tersesat, Kukang Kalimantan Berhasil Dievakuasi

Dievakuasi - Kukang Kalimantan berhasil dievakuasi setelah tersesat ke pemukiman warga. Foto - Istemewa
0 Shares

HEADLINE9.COM, TANJUNG – Diduga tersesat Kukang Kalimantan (Nycticebus Menagensis) dari masuk ke area pemukiman warga di Tabalong, akhirnya kukang tersebut evakuasi KPH Tabalong, dari tangan warga Desa Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong.

“Begitu melihat kukang, langsung saja satwa tersebut diambil dan diamankan ke dalam rumah,” ucap Nashrukin melalui siaran pers

Setelah kesehatan kukang itu dicek, ternyata terdapat luka sedikit di bagian kepala.

“Daripada kenapa-kenapa, lebih baik saya bawa dan laporkan saja ke pihak yang lebih paham mengenai binatang tersebut,” cetusnya.

Kasi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Zainal, mengatakan kukang termasuk hewan yang dilindungi berdasarkan P.106 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Tumbuhan dan Satwa Dilindungi.

“Hewan ini dilarang untuk dieksploitasi seperti diburu, dipelihara, diperjualbelikan maupun dimanfaatkan bagian tubuhnya,” tegasnya.

Setiap orang yang sengaja memelihara hewan tersebut akan dikenakan sanksi penjara maksimal lima tahun dan denda sebesar Rp 200 juta.

“Ini sebagaimana tercantum dalam UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem,” tandasnya. (*)

0 Shares
advernativ