Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Dprd Kota Banjarbaru
  4. »
  5. Rapat Paripurna DPRD Banjarbaru Bahas RPJP 2025-2045 dan Pertanggungjawaban APBD…

Rapat Paripurna DPRD Banjarbaru Bahas RPJP 2025-2045 dan Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Rapat paripurna DPRD Kota Banjarbaru yang dipimpin oleh Ketua DPRD Fadliansyah Akbar pada Selasa (11/6/2024) membahas lanjutan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2025-2045 dan Pemandangan Umum Fraksi-fraksi mengenai Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023.

Dalam pemandangan umumnya, tujuh fraksi di DPRD sepakat untuk melanjutkan Raperda ke tahap selanjutnya sesuai prosedur yang berlaku. Setiap fraksi memberikan catatan dan masukan penting dalam penyusunan rencana pembangunan Kota Banjarbaru untuk 20 tahun ke depan.

BACA JUGA :  Ini Penjelasan Terkait Revisi Perda UMKM Banjarbaru

Fraksi PDI Perjuangan, dengan misi “Banjarbaru Kota Metropolitan yang Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan,” menekankan pentingnya peningkatan pendapatan per kapita, penurunan angka kemiskinan, peningkatan daya saing daerah, peningkatan SDM, dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

“Mengingat statusnya sebagai ibu kota provinsi, Banjarbaru harus memperhatikan pembangunan dengan baik untuk menjadi kota yang nyaman, inklusif, dan sesuai dengan slogan Kota Idaman (Indah, Damai, Aman, Nyaman),” ujar perwakilan Fraksi PDI Perjuangan.

Fraksi Gerindra, yang memberikan masukan terbanyak, dipimpin oleh H Syamsuri. Mereka menyoroti pentingnya perencanaan ruang yang terukur dan terencana mengingat luas geografis Banjarbaru yang relatif kecil. “Pembangunan harus menyesuaikan dengan kondisi makro nasional, regional, dan global, serta memperhatikan isu-isu seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, penanganan stunting, dan pemerataan infrastruktur,” tambahnya.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Banjarbaru Dukung Rencana Merapikan Parkir di Lapangan Murdjani

Rapat paripurna ini menjadi langkah awal dalam merumuskan arah pembangunan jangka panjang Kota Banjarbaru yang berkelanjutan dan inklusif, sesuai dengan visi dan misi masing-masing fraksi di DPRD Kota Banjarbaru.

Baca Juga