Categories: Politik

Aripin Diam dan Tak Mau Tanggapi Soal Penggantian Ketua KPU Kabupaten Banjar

Headline9.com, MARTAPURA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar, Muhammad Noor Aripin, tak ingin menanggapi soal penggantian dirinya pasca dilaksanakan rapat pleno bersama dengan empat komisioner pada 1 Juli tahun 2024.

Hal ini menyusul pernyataan dirinya ke media bahwa penggantian ini tak memiliki dasar yang kuat, sehingga menurutnya pun tidak sah. Perihal tersebut juga membuat dia belum menandatangani Berita Acara (BA) hasil dari rapat pleno yang digelar mereka.

Memastikan itu, Aripin saat dikonfirmasi pada Selasa (16/7/2024), seakan mengalihkan pembicarakan. Ia menyatakan, bahwa kondisi di dalam baik-baik saja dan komisioner lainnya tetap solid (kompak).

“Kalau masalah penyegaran itu yang memutuskan KPU RI (Pusat),.” ujarnya kepada dua awak media.

Terlebih, seluruh komisioner di KPU Kabupaten Banjar masih fokus terhadap tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) persiapan Pilkada 2024.

“Saya bersama empat komisioner saat ini fokus terhadap tahapan Pemilu baik Gubernur – Wakil Gubernur Kalsel sampai bupati dan wakil bupati Banjar di Pilkada 2024,” ungkapnya.

Sebelumnya, Rizky Wijaya selaku Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Banjar mengatakan, penggantian Ketua KPU Kabupaten Banjar murni penyegaran bukan kudeta. Meski demikian, kesolidan lima komisioner masih terjalin baik.

Hanya saja, prosesi penyegaran ditubuh lembaga penyelenggaraan Pemilu (KPU) merupakan hal yang menurut dia wajar dan lumrah.

“Sepengetahuan saya BA rapar Pleno pada 1 Juli 2024 lalu memang belum ditandatangi Ketua KPU. Tapi, BA tersebut secara berjenjang sudah diteruskan ke KPU Provinsi Kalsel dan KPU RI. Kalau keputusan disetujui atau tidaknya tetap ada di KPU Pusat. Begitu juga SK penunjukan Pelaksana tugas (Plt),” tukasnya.

Diketahui, selain belum dibubuhi tandatangan Ketua KPU Kabupaten Banjar, M Noor Aripin. Salah satu Komisioner yakni M Ridha kala itu memilih absen dan tak ikut dalam prosesi penyegaran tersebut.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nashrullah

lintang

Recent Posts

20 September Nanti, KPU Kabupaten Banjar Tetapkan Daftar Pemilih Tetap

Headline9.com, MARTAPURA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar bakal menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT)… Read More

19 jam ago

Satukan Pemikiran, Fakultas Kehutanan Gelar Seminar Nasional Terkait Aksi Mitigasi Perubahan Iklim Berbasis FOLU

Headline9.com, BANJARBARU - Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat menggelar seminar nasional, di salah satu hotel… Read More

2 hari ago

Duet LIWAR Fokus Wujudkan Banjarbaru Bersosial dan Berbudaya

Headline9.com, BANJARBARU – Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Lisa Halaby… Read More

2 hari ago

Kadinsos P3AP2KB Jalani Proses Pemeriksaan Aduan Disiplin ASN, BKPSDM Banjar: Ini Masih Tahap Awal

Headline9.com, MARTAPURA - Kadinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar Dian Marliana dibebastugaskan sementara dan dipastikan tengah menjalani… Read More

3 hari ago

Rakoor Pengelolaan Sampah Desa, DLH Tanbu Inginkan TPS3R Terbangun Ditiap Desa

Headline9.com,  BATULICIN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) gelar rapat Koordinasi Optimalisasi… Read More

3 hari ago

Program ‘One District One Product’ LIWAR Dorong UMKM Banjarbaru Mendunia

Headline9.com, BANJARBARU – Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Lisa Halaby… Read More

3 hari ago

This website uses cookies.