Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Politik
  4. »
  5. Saidi Mansyur Lamar Gerindra, NasDem Masih Butuh Tambahan Kursi

Saidi Mansyur Lamar Gerindra, NasDem Masih Butuh Tambahan Kursi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Petahana, H Saidi Mansyur, akhirnya menjatuhkan hati melamar ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Banjar, sebagai Bakal Calon (Bacalon) Bupati Banjar, Sabtu (18/5/2024) sore.

Prosesi lamaran yang dilakukan H Saidi Mansyur melalui perwakilan partai politik pengusungnya yaitu NasDem tersebut diterima langsung Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Banjar, Irwan Bora, yang juga merupakan Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banjar, Akhmad Rizanie Anshari, yang mewakili H Saidi Mansyur itu, mengatakan, untuk seluruh proses  pihaknya mempercayakan sepenuhnya ke Gerindra usai lamaran tersebut diterima.

“Yang jelas kami menyerahkan mekanisme diinternal DPC Partai Gerindra. Yang mana, kita ketahui, partai ini merupakan parpol pemenang Pilpres sekaligus pengumpul kursi terbanyak kedua pada Pileg 2024,” ungkapnya.

Menurut dia, dipilihnya Partai Gerindra sendiri selain sebagai parpol besar, hal ini juga dapat memperkuat H Saidi Mansyur untuk berkoalisi menghadapi kontestasi Pilkada 2024.

“H Saidi Mansyur yang juga merupakan Dewan Pertimbangan DPD Partai NasDem Kabupaten Banjar ini apabila berkoalisi maka akan memperkuat daripada di parlemen (DPRD Kabupaten Banjar) dengan visi misi untuk membangun daerah ini agar lebih baik,” ungkap Rizanie yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Banjar, Fraksi NasDem.

BACA JUGA :  Pilkada Tanbu, Relawan ZR Ajak Warga Hidup Sehat, Gowes Pagi Sambil Bersih-bersih

Namun untuk mencapai itu tak cukup hanya koalisi dengan Gerindra? Zanie sapaan akrabnya pun menjawab, bahwa sang petahana sudah melamar ke berbagai partai politik (parpol). Di antaranya, Partai Golkar, dan PKB. “Tentu selanjutnya akan merangkal partai-partai lain yang perolehan kursinya ada dalam rangka membangun silaturahmi sekaligus membangun komunikasi politik,” papar dia.

Tak hanya tiga parpol yang tercatat sudah dilamar petahana dalam pengusungan bacalon Bupati Banjar. Dalam waktu dekat nanti, mereka juga bakal menyerahkan kelengkapan berkas dengan sejumlah parpol di Kabupaten Banjar.

“Dalam waktu segera ada beberapa partai yang akan kami siapkan. Yakni artai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB). Sementara itu yang masuk ke kami,” bebernya kepada sejumlah awak media.

Apakah lamaran yang dilakukan sudah sepaket dengan petahana? Rizanie, menegaskan, mekanismenya masih dilakukan secara induvidual atau perorangan. Artinya, Partai NasDem masih mengusung satu pasang bacabup Banjar yakni H Saidi Mansyur. Sementara, Bacawabup Banjar ada beberapa sederat nama yang tak asing lagi dan wacananya bakal jadi pasangan petahana. Salah satunya Habib Said Idrus Al-Habsyie.

BACA JUGA :  Duduk Lagi di DPRD Banjar, Antung Aman Tetap Berhasrat Maju ke Pemilihan Bupati

“Jadi, diinternal Partai NasDem kami merekomendasikan bacabup yaitu Saidi. Kedua adalah bacawabup Akhmad Zaky Hafizie, HM Yuniani, Dedi Kurniadi, dan Habib Said Idrus. Kemungkinan koalisi ini bisa saja terjadi dengan partai ini atau lainnya karena dinamis tadi, ya idealnya kita menunggu,” paparnya.

Nah, saat ditanya idealnya berapa persen untuk mencukupi koalisi? Kata dia, parliamentary thresholdnya harus memenuhi 20 persen. Jika, dilihat dari hasil perolehan kursi di parlemen saat ini untuk NasDem sebanyak 7 kursi.

“Minimal membutuhkan 2 kursi kalau lebih banyak makin bagus lagi termasuk berkoalisi dengan Partai Gerindra dan parpol lain artinya bisa saja berkolaborasi dalam membangun tata pelaksanaan pemerintahan,” pungkasnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor      : Nashrullah

Baca Juga