Categories: Banjar

Pemkab Banjar Gelar Bimtek Perencanaan Anggaran dan Keuangan Berbasis Aplikasi

Headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar bersama Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Banjarmasin, menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Perencanaan Anggaran dan Keuangan, disalah satu hotel di Banjarbaru, Jumat (6/9/2024) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan dua hari, dimulai pada 6 dan 7 September 2024 tersebut dibuka Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhani, dihadiri Kabid Anggaran BPKPAD Kabupaten Banjar, Fitria Sahriza beserta staf.

Dalam sambutannya Bupati Banjar yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Rakhmad Dhani menyebutkan, pengelolaan keuangan daerah harus dilakukan dengan pendekatan yang lebih modern, berbasis aplikasi yang dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, seperti Sistem Informasi Pemerintah Daerah Pengelolaan Keuangan Kabupaten Banjar atau yang  dikenal dengan SIPD-Langkar.

“Melalui penerapan SIPD-Langkar ini, kami berharap proses perencanaan dan pengelolaan anggaran di setiap SKPD dapat berjalan lebih cepat, tepat dan terintegrasi, sehingga nantinya akan terwujud pengelolaan keuangan yang sesuai dengan prinsip good governance” ujarnya.

Ia menambahkan, penerapan SIPD-Langkar ini juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah dicapai dalam beberapa tahun terakhir.

Predikat tersebut bukan sekadar penghargaan, melainkan merupakan wujud nyata dari kerja keras semua pihak dalam menjaga tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

Kepala BPKPAD Banjar melalui Kabid Anggaran Fitria Sahriza menjelaskan, kegiatan ini diikuti seluruh peserta dari SKPD. Turut melibatkan kelurahan, kecamatan, hingga puskesmas. “Diharapkan dari kegiatan ini pengelolaan keuangan di Kabupaten Banjar menjadi lebih baik lagi,”tukasnya.

lintang

Recent Posts

Dikabarkan Jalani Proses Pemeriksaan, Kadinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar Mendadak Dinonjobkan

Headline9.com, MARTAPURA - Tak ada angin tak ada hujan. Mendadak Dian Marliana dinonjobkan sebagai Kadinsos… Read More

12 jam ago

Sindikat Pencetak Uang Palsu Senilai 1,2 M Berakhir Ditangan Bareskrim Polri

Headline9.com, JAKARTA - Bareskrim Polri menangkap delapan tersangka sindikat pencetak uang palsu. Mereka  digrebek dalam… Read More

3 hari ago

Revitalisasi Penataan Kawasan Sekumpul Belum Tuntas, Pemkab Banjar Usulkan Lagi di RPJMN

Headline9.com, MARTAPURA - Minta dituntaskan, Pemerintah Kabupaten Banjar usul lanjutan proyek revitalisasi penataan kawasan Sekumpul.… Read More

4 hari ago

Dugaan Perjadin Tak Berizin,  Taufik: Pemeriksaan Berlangsung 10 Hari Kerja

Headline9.com, BANJARBARU – Inspektorat Banjarbaru memulai pemeriksaan terhadap dua pejabat setempat yang diduga melakukan perjalanan… Read More

4 hari ago

Bupati HST Serahkan Bantuan Invasi Ikan untuk Puluhan Pembudi Daya

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi harapkan para pembudi daya… Read More

5 hari ago

Pj Sekda Banjarbaru Belum Gunakan Mobil Dinas Resmi, Ini Jawaban Bunda Nunung..

Headline9.com, BANJARBARU - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Hj Nurliani Dardie, menjabat sejak 1… Read More

5 hari ago

This website uses cookies.