Categories: advertorial2

Nature Exhibition Banua Botanical Resmi Diluncurkan, Diharapkan Jadi Wahana Edukasi Baru

Headline9.com, BANJARBARU – Kebun Raya Banua (KRB) luncurkan Nature Exhibition Banua Botanical Garden, di kawasan perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan, Rabu (4/9/2024) siang.

Dilaunchingnya fasilitas tersebut ditujukan sebagai wadah dalam mengedukasi masyarakat dengan berbagai pengetahuan tanaman endemik dan langka. Di antaranya mulai dari evolusi tumbuhan, penampakan batang, biji, daun, kalender anggrek.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang diwakili Asisten III administrasi umum Setdaprov, Ahmad Bagiawan mengungkapkan peluncuran ini merupakan salah satu inovasi yang harus dikembangkan sebagai bentuk kemajuan banua.

“Ini merupakan sebuah inisiatif yang sangat penting bahkan strategis, bukan hanya bagi KRB sendiri, tapi juga bagi seluruh masyarakat,” ucapnya.

Langkah ini, tutur dia juga merupakan langkah yang sangat penting sebagai suppport komitmen dalam rangka revolusi hijau. Tak hanya itu, ia berharap fasilitas ini mampu menjadi sumber dalam meningkatkan pendapatan daerah. Pasalnya, Kebun Raya Banua (KRB) sudah berstatus BLUD.

“Semoga dengan adanya wahana baru ini dapat menjadi pemacu semangat untuk terus berinovasi dan berkarya untuk kemajuan banua. Termasuk juga untuk kemajuan KRB,” papar dia.

Menurut dia, Nature Exhibition juga tak hanya bisa dinikmati kaum dewasa tetap sangat bermanfaat bagi edukasi untuk anak-anak tentang pentingnya pendidikan ilmu pengetahuan alam. “Ini sangat bagus menjadi wadah edukasi yang sangat kaya dan bermanfaat bagi anak – anak sekolah,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala UPTD Kebun Raua Banua, Adilla Redha Yanti mengatakan diluncurkannya Nature Exhibition Banua Botanical ini sebagai wujud kepedulian akan konservasi alam. Tak hanya itu, keberagaman hanyati menjadi konsep utama mereka untuk tetap melestarikan tumbuhan langka.

“Ini merupakan hasil dari peran yang besar Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin noor beserta Ketua TP PKK, Raudatul Jannah. Mereka yang menjadi inspritatornya untuk tetap mempertahankan keanekaragaman tumbuhan ini,” bebernya.

Dengan adanya fasilitas ini tentu menjadi pilihan baru untuk bisa dikunjungi masyarakat. Dan biaya masuk ke fasilitas Nature Of Exhibition Banua Botanical Garden itu sebesar Rp5.000 per orang.

“Bermain juga sekaligus dapat belajar mengenal tanaman endemil khas Kalsel. Di mana tampilan yang kita sugguhkan menarik dan kekinian,” tukasnya.

Reporter: Riswan Surya | Editor: Nashrullah

lintang

Recent Posts

Dikabarkan Jalani Proses Pemeriksaan, Kadinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar Mendadak Dinonjobkan

Headline9.com, MARTAPURA - Tak ada angin tak ada hujan. Mendadak Dian Marliana dinonjobkan sebagai Kadinsos… Read More

12 jam ago

Sindikat Pencetak Uang Palsu Senilai 1,2 M Berakhir Ditangan Bareskrim Polri

Headline9.com, JAKARTA - Bareskrim Polri menangkap delapan tersangka sindikat pencetak uang palsu. Mereka  digrebek dalam… Read More

3 hari ago

Revitalisasi Penataan Kawasan Sekumpul Belum Tuntas, Pemkab Banjar Usulkan Lagi di RPJMN

Headline9.com, MARTAPURA - Minta dituntaskan, Pemerintah Kabupaten Banjar usul lanjutan proyek revitalisasi penataan kawasan Sekumpul.… Read More

4 hari ago

Dugaan Perjadin Tak Berizin,  Taufik: Pemeriksaan Berlangsung 10 Hari Kerja

Headline9.com, BANJARBARU – Inspektorat Banjarbaru memulai pemeriksaan terhadap dua pejabat setempat yang diduga melakukan perjalanan… Read More

4 hari ago

Bupati HST Serahkan Bantuan Invasi Ikan untuk Puluhan Pembudi Daya

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi harapkan para pembudi daya… Read More

5 hari ago

Pj Sekda Banjarbaru Belum Gunakan Mobil Dinas Resmi, Ini Jawaban Bunda Nunung..

Headline9.com, BANJARBARU - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Hj Nurliani Dardie, menjabat sejak 1… Read More

5 hari ago

This website uses cookies.