Categories: Balangan

Disdikbud Balangan Gelar Festival Banua Sanggam ll

Headline9.com, BALANGAN – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Balangan, kembali menggelar Festival Budaya Banua Sanggam ll, yang berlangsung di Lapangan Martasura, Kecamatan Paringin, Rabu (4/9/2024).

Festival Budaya Sanggam ini dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Balangan, Tuhalus, ditandai dengan pemukulan gong, dihadiri oleh, Kepala Disdikbud Balanagn, Abiji, Ketua TP PKK Balangan, Sri Huriyati Hadi, Ketua GOW Balangan, Megawati Ulfah Supiani, Kepala Bapperida Balangan, Rahmadi Yusni serta para tamu undangan lainnya.

Penampilan diawali Drum Band Satpol PP Balangan, dilanjutkan pertunjukan fashion show sasirangan, jelajah cagar budaya, lomba fashion carnaval, lomba pawai budaya yang begitu meriah.

Kemeriahan festival ini juga bakal digelar selama tiga hari dari 4 hingga 7 September 2024, dengan menampilkan berbagai budaya khas Kabupaten Balangan yang bertujuan untuk melestarikan warisan budaya lokal.

Mewakili Bupati Balangan, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Balangan, Tuhalus dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta seluruh panitia atas terselenggaranya festival budaya ll tersebut.

Menyambut positif atas terselenggaranaya Fesvital Budaya Sanggam ini dan tidak kalah penting festival ini tentunya bisa menjadi media untuk menggali dan menumbuhkembangkan animo masyarakat terhadap nilai-nilai tradisi daerah yang dalam kearifan lokal dan tata nilai yang khas bahkan perkembangan dunia saat ini juga ditingkatkan nasional maupun daerah pelestarian budaya sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah kegarakan ekonomi dengan naungan ekonomi kreatif sehingga memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat pemilih nilai-niali budaya tersebut.

Guna mendukung kelestarian budaya daerah, tuhalus, menghimbau kepada seluruh warga banua sanggam jangan pernah malas untuk pergi menyaksikan pertunjukan acara-acara yang ditampilkan kreatifitas atau seni budaya daerah ini apapun itu bentuknya,

Iya juga berpesan untuk menjaga ketertiban selama kegiatan ini berlangsung dan juga berpesan kepada seluruh pengunjung masyarakat Balangan dan juga untuk berkunjung kestand inovasi daerah.

Terakhir Tuhalus, mengucapkan terimakasih kepada pengunjung dan berbagai pihak secara langsung maupun tidak langsung yang terlibat dalam mendukung pergelaran Festival Budaya Sanggam ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Abiji dalam sambutannya melaporkan bahwa Festival Budaya Sanggam II tahun 2024 adalah upaya melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan kebudayaan di Kabupaten Balangan.

Festival ini menampilkan berbagai seni, adat istiadat, dan tradisi lokal untuk menjaga agar budaya tetap hidup dan berkembang. Selain itu, festival ini juga bertujuan menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, serta mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis budaya. Festival ini menjadi ajang silaturahmi dan edukasi budaya bagi masyarakat, seniman, dan pelaku budaya di Kabupaten Balangan.

Diakhir sambutannya Abiji, mengharapkan Festival Budaya Sanggam ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap perkembangan budaya lokal yang ada di kabupten Balangan dan menumbuhkan ekonomi kreatif serta kegiatan berjalan lancar dan tertib sampai akhir kegiatan.

lintang

Recent Posts

20 September Nanti, KPU Kabupaten Banjar Tetapkan Daftar Pemilih Tetap

Headline9.com, MARTAPURA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar bakal menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT)… Read More

10 jam ago

Satukan Pemikiran, Fakultas Kehutanan Gelar Seminar Nasional Terkait Aksi Mitigasi Perubahan Iklim Berbasis FOLU

Headline9.com, BANJARBARU - Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat menggelar seminar nasional, di salah satu hotel… Read More

2 hari ago

Duet LIWAR Fokus Wujudkan Banjarbaru Bersosial dan Berbudaya

Headline9.com, BANJARBARU – Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Lisa Halaby… Read More

2 hari ago

Kadinsos P3AP2KB Jalani Proses Pemeriksaan Aduan Disiplin ASN, BKPSDM Banjar: Ini Masih Tahap Awal

Headline9.com, MARTAPURA - Kadinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar Dian Marliana dibebastugaskan sementara dan dipastikan tengah menjalani… Read More

2 hari ago

Rakoor Pengelolaan Sampah Desa, DLH Tanbu Inginkan TPS3R Terbangun Ditiap Desa

Headline9.com,  BATULICIN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) gelar rapat Koordinasi Optimalisasi… Read More

3 hari ago

Program ‘One District One Product’ LIWAR Dorong UMKM Banjarbaru Mendunia

Headline9.com, BANJARBARU – Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Lisa Halaby… Read More

3 hari ago

This website uses cookies.