1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Bupati:  Ini Harus Diperhatikan Dalam Penanganan Bencana

Bupati:  Ini Harus Diperhatikan Dalam Penanganan Bencana

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) gelar Apel Siaga Bencana Dan Peralatan dihalaman Kantor Bupati Kelurahan Gunung Tinggi, jum’at (13/9/2024).

Apel siaga ditandai dengan penyerahan bendera kesiapsiagaan oleh Bupati Tanbu melalui Sekretaris Daerah Tanbu DR. H. Ambo Sakka, disertai dengan pemeriksaan pasukan yang ikut apel tersebut.

Melalui Sekda, Bupati mengingatkan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penanganan bencana yakni, Deteksi dini.

BACA JUGA :  Rakor Penanganan Longsor Mantewe, BPBD Tanbu dan Tim Monev Tinjau Lapangan

“Mulai hari ini kami mohon kepada BPBD untuk mendeteksi dini berbagai potensi bencana sekaligus titik rawan bencana, sehingga antisipasi termasuk mitigasinya itu bisa di deteksi dini,” katanya dihadapan apel Pasukan.

Kemudian, buat perencanaan jelas dan standar operasional prosedur (SOP) yang jelas, tentang apa yang dilakukan saat bencana dan bagaimana penanggulangannya,  termasuk mitigasi bencana itu dan laporan dampak yang terkena bencana.

Setelah itu , bangun sinergitas, bahwa ini bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah dan BPBD selaku leading sektor, TNI polri, Basarnas dan berbagai Perusahaan, namun tetap menjadi tanggung jawab semua, kerena ini panggilan nurani untuk membantu sesama  yang terdampak bencana.

BACA JUGA :  Kasus Sabu 1 Kg dan Ratusan Ekstasi Di Tangani Kajari Tanbu.

“Semoga Tanbu dijauhkan dari bencana dan Insyaallah kita hidup  selalu dengan keberkahan,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam apel kesiapsiagaan dihadiri perwakilan Forkopimda dan elemen perusahaan serta jajaran Pemerintah Kabupaten Tanbu. (MHL)

Baca Juga