1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Gandeng PT Arutmin Indonesia Tanbu Gelar Pelatihan Desa Tangguh Bencana

Gandeng PT Arutmin Indonesia Tanbu Gelar Pelatihan Desa Tangguh Bencana

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com,  BATULICIN – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), menggandeng PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin.

Pelatihan Tanggap Bebencanaan di selenggarakan, bertempat di Gedung Serbaguna Arutmin Meratus Desa Sungai Dua, Sabtu (13/09/24).

Tujuan kemitraan kedua pihak guna membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana).

Dalam kesempatan ini, PT Arutmin bersama BPBD membawakan materi Konsep Destana. Sedangkan dari Pos Unit SAR Batulicin, membawakan materi Upaya Penyelamatan Korban Bencana.

Sasaran kegiatan adalah penduduk di Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat yang merupakan Desa Lingkar Tambang.

Adapun kegiatan di ikuti peserta berjumlah 50 orang, yang terdiri dari Karang Taruna, Badan Usaha Desa (Bumdes), Aparat Desa, Masyarakat dan perwakilan Tim Penanggulangan Bencana Desa Mantewe yang dinarsumberi oleh BPBD, PT Arutmin Site Batulicin dan Pos Unit SAR Batulicin.

BACA JUGA :  Bersama Arutmin Tambang Satui PAMA Distrik Aria Gandeng BLK Tingkatkan Kualitas SDM

Melalui keterangan dari Ibnu Salam, selaku Kepala Desa (Kades) Sungai Dua, dalam sambutannya ia berterima kasih kepada segenap pihak serta narasumber yang melungkan waktunya untuk memberikan ilmu kepada masyarakat.

“Masyarakat dapat menyimak dengan baik ilmu yang di berikan, sehingga ada sesuatu yang di ambil pada pertemuan ini dan bisa di terapkan saat terjadi bencana”, ujar Kades.

Disamping itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD, Sulhadi melalui M Ahsani Fauzan selaku Kepala Sub Pencegahan. Mengajak untuk bersama-sama mempersiapkan diri menghadapi bencana yang bisa jadi datangnya tidak terduga.

BACA JUGA :  Qur'an Binaan Zairullah Azhar Diwisuda

“Kita harus memiliki pengalaman dan pengetahuan kebencanaan, agar bisa mengurangi kerugian yang di sebabkan oleh bencana” kata Kalaksa.

Keterangan lebih lanjut datang dari, Akhmad Nurkholis sebagai Management PT. Arutmin Indonesia Site Batulicin, ia mengatakan adanya kegiatan ini merupakan, bagian dari program PPM Bidang Sosial dan Budaya, dalam aspek kebencanaan yang bersinergitas bersama Pemerintah Daerah.

“Garis besarnya, masyarakat dapat menyerap dasar-dasar ilmu yang di berikan narasumber. Sehingga masyarakat cepat tanggap saat terjadi bencana di daerah untuk melakukan penanganan dini,” terangnya.

Management PT. Arutmin Indonesia Site Batulicin berharap, masyarakat dapat konsisten mengikuti program ini dan akan terus berlanjut kedepannya. (Rel)

Baca Juga