1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Kalsel Pecahkan Rekor MURI dengan Kain Sasirangan Terpanjang di Dunia

Kalsel Pecahkan Rekor MURI dengan Kain Sasirangan Terpanjang di Dunia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berhasil mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan membentangkan kain sasirangan terpanjang di dunia, sepanjang 5,7 kilometer, dalam acara Meratus Geopark Great Culture Carnival pada Selasa, 20 Agustus.

Pembentangan kain ini dimulai setelah sirene pertama berbunyi, diikuti oleh pengangkatan kain oleh para pejabat dan volunteer di lima titik lokasi. Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Hj. Raudatul Jannah, bersama Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar, dan Ketua Harian Geopark Meratus, Hanifah Dwi Nirwana, turut menyaksikan acara tersebut menggunakan golf cart.

BACA JUGA :  Covid-19 di Kalimantan Selatan telah tercatat ada 179 kasus

Setelah pembentangan, Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri, menyerahkan piagam pemecahan rekor kepada pemerintah provinsi, disaksikan oleh Ketua PWI Pusat, Hendry CH Bangun. Acara ini juga menjadi bagian dari perayaan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74 dan Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) ke-14, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti kirab karnaval dan pameran seni.

“Melalui sasirangan, kami menunjukkan cinta dan kebanggaan terhadap warisan budaya Kalimantan Selatan,” kata Acil Odah, menambahkan bahwa kain sasirangan telah diakui sebagai warisan budaya tak benda.

BACA JUGA :  Paman Birin : Selamat Datang Kembali Presiden RI ke Bumi Lambung Mangkurat

Yusuf Ngadri menambahkan, kain sasirangan kini telah bertransformasi menjadi busana sehari-hari, memperlihatkan inovasi dalam penggunaannya. Setelah verifikasi, MURI secara resmi mengukuhkan kain sasirangan sebagai rekor dunia, dengan melibatkan 6.127 orang dalam pembentangan tersebut. Tepuk tangan meriah menyertai pengumuman ini, menandai momen bersejarah bagi budaya Kalsel.

Baca Juga