Featured

Wakapolri Pantau Penanganan Karhutla

HEADLINE9.COM,BANJARBARU – Kedatangan Wakapolri Komjen Pol Drs Ari Dono Sukmanto, SH bersama Tim Asistensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Mabes Polri, untuk melakukan pemantauan langsung kondisi karhutla di Kalsel.

Agenda lainnya adakah melihat pelaksanaan water boombing dan dilanjutkan Apel di Kilometer 21 Landasan Ulin pada Kamis siang (12/09/2019).

Wakapolri juga mengecek upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Peninjauan ini dilakukan menyusul intensitas kabut asap yang cukup tinggi. Seperti terjadi pagi tadi di Bandara Syamsudin Noor, yang mencapai jarak pandang cuma 100 meter.

Pemantauan Karhutla dilakukan Wakapolri dengan menggunakan helikopter milik perusahaan swasta Jhonlin. Pemantauan udara ini juga didampingi pihak BNPB dan BPBD Kalsel.

“Hari ini kedatangan saya memantau kinerja penanganan Karhutla dari udara, dan saya menganalisa asap yang ada sekitar bandara, terlihat jejak api ada disekitar bandara, Liang Anggang, Sungai Tabuk dan Pelaihari, ada bekas-bekas kebakaran dan itu semua bukan hutan tapi lahan pertanian,” ungkap Komjen Ari Dono Sukmanto.

Wakapolri menambahkan, maraknya Karhutla di sejumlah wilayah menyebabkan serangan kabut asap dan mengganggu penerbangan.

Kedepan dikatakan Wakapolri, yang perlu dilakukan adalah upaya pencegahan dengan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan.

BNPB dengan heli water boombing-nya tidak signifikan dengan jumlah kebakaran lahan yang terjadi, perlu peningkatan pencegahan dari Dinas Pertanian, bagaimana masyarakat kita yang turun-temurun bertani tersebut tidak menggunakan cara membakar.

Untuk pelaku pembakaran akan ada tindakan efek jera yang akan diberikan, telah ada 4 pelaku pembakaran Karhutla yang ditahan di Polda Kalsel.

lintang

Recent Posts

Kepemimpinan Perempuan, UAS : Kontekstual, Bukan Larangan Mutlak

Headline9.com, BANJARBARU – Dalam acara Tablig Akbar yang digelar oleh Yayasan Abdul Azis Halaby, Ustaz… Read More

14 jam ago

Kukuhkan 845 Satlinmas, Bupati HST: Mereka Jadi Garda Terdepan Menjaga Keamanan

Headline9.com, BARABAI- Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi mengukuhkan 845 anggota Satuan Perlindungan… Read More

22 jam ago

Nature Exhibition Banua Botanical Resmi Diluncurkan, Diharapkan Jadi Wahana Edukasi Baru

Headline9.com, BANJARBARU - Kebun Raya Banua (KRB) luncurkan Nature Exhibition Banua Botanical Garden, di kawasan… Read More

22 jam ago

Pembagian Seragam Linmas di Paramasan dan Aluhaluh Kurang dan Tak Sesuai Perencanaan

Headline9.com, MARTAPURA - Seragam yang dibagikan untuk anggota Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) di Kecamatan Paramasan… Read More

22 jam ago

Pemkab Banjar Gelar Bimtek Perencanaan Anggaran dan Keuangan Berbasis Aplikasi

Headline9.com, BANJARBARU - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKAD)… Read More

2 hari ago

Dua Layar Lebar Dipasang di Tablig Akbar Ustaz Abdul Somad di Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU – Persiapan Tablig Akbar bersama Ustaz Abdul Somad (UAS) di Banjarbaru semakin matang,… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.