Sosialisasi Gerakan Bersama Memviralkan Pariwisata

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Berbagai upaya dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banjar, untuk mengenalkan daya tarik kewisataan di Kabupaten Banjar, salah satunya dengan melaksanakan Sosialisasi Gerakan Bersama Memviralkan Pariwisata.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti 30 peserta pelajar SMA Negeri 3 Martapura, di objek wisata Sungai Khatulistiwa Desa Sungai Rangas Tengah, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Sekretaris Disbudpar Banjar Aidi Hikmatullah menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dan inovasi.

“Tujuan sosialisasi ini untuk membangun komitmen bersama dalam menciptakan suatu gerakan di Kabupaten Banjar bersama komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPi), pewadahan Nanang Galuh Banjar,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan bagaimana menggali informasi wisata yang menarik pengunjung. Kabupaten Banjar sangat banyak destinasi wisata yang menarik terutama yang baru saja dikembangkan wisata Sungai Khatulistiwa.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar M Hamdani menjelaskan tentang pesatnya perkembangan teknologi infomatika saat ini, serta bagaimana strategi penggunaan media sosial dalam mengenalkan sebuah obyek wisata.

Menurutnya, saat ini promosi wisata bisa dengan mudah dilakukan melalui media sosial asalkan konten dikemas dengan menarik.

Dijelaskannya, berbagai strategi baik foto maupun video yang bisa menggugah minat orang untuk melihat atau menontonnya. Contohnya bagi masyarakat di Kalimantan Selatan makan olahan dari kulit cempedak atau manday merupakan hal yang biasa, namun tidak bagi orang di daerah lain.

“Jika kita bisa membuat sebuah video bagaimana sebuah cempedak bukan memakan buah tetapi malah memasak kulitnya, itu sudah merupakan tayangan yang menarik dan unik bagi orang lain yang tidak terbiasa makan manday,” tuturnya.

Fotografer Media Center Banjar Agus Fahlevie memaparkan bagaimana teknis mengabadikan sebuah momen menggunakan kamera smartphone, sehingga menjadi menarik.

Ia menjelaskan tentang bagaimana posisi atau angle ketika mengambil foto dan objek unggulan di tempat wisata yang mungkin menggugah masyarakat untuk datang berkunjung.

“Sudut pengambilan menjadi daya tarik masyarakat ketika melihat di media sosial, serta menjadikan rekomendasi untuk berwisata yang aman dan nyman,” tutupnya. (*)

aprilia

Recent Posts

Ini Keinginan Legislator Kapuas Pada Musrenbang RKPD Tahun 2025 Tingkat Kabupaten

Headline9.com, Kuala Kapuas - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Drs Syarkawi H… Read More

2 jam ago

Pemkab Kapuas Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten Susun RKPD 2025

Headline9.com, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas menggelar Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten… Read More

4 jam ago

Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Hadiri Musrenbang RKPD 2025

Headline9.com, Kuala Kapuas - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai mitra kerja pemerintah daerah mendukung… Read More

4 jam ago

Bupati HST Sampaikan LKPj Tahun 2023 Dalam Agenda Rapat Paripurna

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban… Read More

7 jam ago

Bupati HST Buka Musrenbang RKPD 2025, Aulia: Partisipasi Aktif Masyarakat Kunci Pembangunan

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi membuka secara resmi kegiatan… Read More

7 jam ago

Pedagang Pasar Kindai Limpuar Gambut Keluhkan Tarif Lapak dan Retribusi Keamanan yang Sering Berubah-ubah

Headline9.com, MARTAPURA -Sejumlah pedagang di Pasar Kindai Limpuar, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, mengeluhkan penarikan iuran… Read More

24 jam ago

This website uses cookies.