Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Bupati Balangan : Rekrutmen Tenaga Kontrak Utamakan Putra – Putri…

Bupati Balangan : Rekrutmen Tenaga Kontrak Utamakan Putra – Putri Daerah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berharap penyerapan tenaga kontrak di instansi pemerintahan setempat lebih berpihak kepada putra dan putri daerah.

Disampaikan langsung oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi, saat dikonfirmasi awak media, Senin (21/6/2021) terkait efisiensi anggaran belanja yang cukup banyak digelontorkan untuk tenaga kerja kontrak di pemkab setempat.

Dikatakan, memang banyak tenaga kerja kontrak dari luar Balangan dengan skill masih rata-rata dan lulusan SLTA sederajat.

BACA JUGA :  Balangan Siap Launching UKK Imigrasi April 2022

Padahal jelasnya, ribuan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan serta ratusan Sarjana yang merupakan putra dan putri daerah, sementara angkatan kerja hanya berkisar dua persen yang bisa ditanggungkan oleh pemerintah daerah.

“Untuk perekrutan Aparatur Sipil Negara atau Calon Pegawai Negeri Sipil, memang menggunakan sistem online nasional atau umum, sehingga wajar ketika warga dari berbagai wilayah luar pulau bisa bersaing di Balangan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Balangan Usulkan 6 Sekolah ke Penilaian Adiwiyata Nasional

Akan tetapi terkait tenaga kerja kontrak, itu merupakan kebijakan daerah setempat, harusnya lebih berpihak kepada putra dan putri daerah.

“Oleh karena itu kita menghendaki supaya para tenaga kontrak ini kita utamakan putra daerah, setidaknya lebih berpihak dan mengayomi penduduk lokal,” imbuhnya.

Maka selanjutnya akan dilakukan evaluasi terhadap para tenaga kerja kontrak yang ada di instansi-instansi pemerintahan di Bumi Sanggam ini, pungkasnya.

Baca Juga