Kadis Kominfo Kapuas Membuka Pelatihan DEA Untuk Pelaku UMKM

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

HEADLINE9. COM, KUALA KAPUAS – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) secara tatap muka, di Ballroom Hotel Permata Inn jalan Seroja Kuala Kapuas, Rabu (1/12/2021).


Adapun kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas Dr H Junaidi. Kemudian, juga dihadiri secara langsung oleh Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman Harahap.


Pada kesempatan itu, Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas H Junaidi mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas sangat mendukung dan mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut. Sebab menurutnya kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kapuas dalam memanfaatkan media digital.

“Saya berharap ditahun 2022 mendatang akan semakin banyak lagi program-program Kominfo yang bisa ditransfer di Kabupaten Kapuas, sehingga akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Kapuas ini,” terang H Junaidi.

Lebih lanjut, H Junaidi yang juga seorang Dosen di perguruan tinggi di Kuala Kapuas itu berharap agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat dibuat komunitasnya agar nanti mereka dapat saling sharing pengalaman. Diharapkan dengan adanya komunitas itu dapat saling memberikan saran dan masukan serta BPSDMP Kominfo Banjarmasin dapat tahu pelatihan apa yang paling dibutuhkan oleh para UMKM.


Sementara itu, Abdul Rahman Harahap mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas atas dukungan yang diberikan.

Ia menerangkan bahwa kegiatan pelatihan ini dilakukan agar para UMKM yang ada di Kabupaten Kapuas dapat bertransformasi dari cara-cara konvensional menuju cara digital. Oleh karena itu, kegiatan salah satunya DEA Ini merupakan salah satu upaya di Kabupaten Kapuas untuk mendukung digital ekonomi, karena digital ekonomi merupakan program prioritas nasional.

Kepala Dinas Kominfo Kapuas Dr H Junaidi, SE, SKM, M AP, M Kes menyampaikan sambutan dihadapan para peserta kegiatan pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) secara tatap muka, di Ballroom Hotel Permata Inn jalan Seroja Kuala Kapuas, Rabu (1/12/2021).


“Semua masyarakat kita harus ikut berperan untuk sumber daya manusia yang memiliki daya saing, oleh karena itu kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kelas dari para pelaku usaha kearah yang lebih baik,” jelas Abdul Rahman Harahap.

Diketahui, bahwa jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 75 orang dan dibagi menjadi 3 kelas. Pelaksanaan dilakukan selama dua hari dan instruktur kegiatan berasal dari Universitas Lambung Mangkurat dan praktisi yang sudah dilatih di Kemenkominfo agar ilmu yang diberikan sesuai dengan modul-modul yang sudah disiapkan. (Edy)

Baca Juga