UT Gandeng STKOM Sapta Computer, Tingkatkan Layanan Pendidikan Melalui SALUT

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi negeri terus upayakan peningkatan layanan pendidikan di Kalimantan Selatan (KalSel).

Melalui Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ -UT) Banjarmasin, Universitas Terbuka kerja sama dengan STKOM Sapta Computer Balangan membentuk Sentra Layanan Universitas terbuka (SALUT) bertempat di STKOM Sapta Computer balangan.

SALUT (Sentra Layanan UT) adalah fasilitas UT yang berada di kota/kabupaten strategis untuk memberikan dukungan layanan bagi mahasiswa, calon mahasiswa atau anggota masyarakat terkait dengan informasi ke-UT-an, kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya.

Fasilitas layanan didukung dengan perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi dan perangkat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih mengoperasikan komputer dan internet dalam mengakses sumber belajar secara online, melakukan registrasi dan pemesanan bahan ajar secara online, kegiatan belajar dan ujian secara online dan berbagai ragam layanan UT lainnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Disiplin, Polres Balangan Gelar Operasi Intan

SALUT menyediakan bermacam layanan UT yakni sebagai berikut :

Layanan informasi ke-UT-an
Layanan administrasi akademik:
Registrasi, baik offline maupun online
Cetak nilai mata kuliah dan Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa (LKAM)
Fasilitasi penyelesaian masalah administrasi akademik.

Layanan kegiatan akademik
Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB)
Pelatihan keterampilan belajar mandiri
Pelatihan pemgoperasian dan pemanfaat komputer dan internet untuk mengakses sumber dan bahan ajar, serta kegiatan belajar yang tersedia secara online
Penyelenggaraan tutorial dan bimbingan, baik tatap muka, online, maupun berbasis web
Konseling online
Penyelenggaraan ujian online
Fasilitasi unggah karya ilmiah (karil)
Layanan pendukung
Pengambilan katalog UT
Fasilitasi pemesanan dan pengambilan bahan ajar
Fasilitasi interaksi antar mahasiswa atau mahasiswa denga UT melalui berbagai modus, termasuk video conference.

BACA JUGA :  Balangan Pegang Klasemen Sementara Dalam Capaian Vaksinasi di Kalsel.

Ketua STKOM Sapta Computer Balangan, Slametno mengatakan semoga dengan adanya SALUT, dapat mempermudah layanan bagi Mahasiswa, terkhusus bagi yang daerahnya cukup jauh dengan UT.

“sentra layanan universitas terbuka (SALUT) STKOM sapta Computer sebagai perpanjangan tangan dari UPBJJ-UT Banjarmasin di Balangan diharapkan bisa mempermudah mahasiswa UT di Kabupaten Balangan dan sekitarnya dalam mengurus administrasi kemahasiswaan, mahasiswa tidak perlu jauh-jauh ke Banjarmasin, cukup mengurusnya di Balangan saja, sehingga akan meningkat tingkat kunjungan masyarakat luar Balangan ke Balangan serta meningkatkan perekonomian di Kabupaten Balangan juga” ungkap Slametno selaku Ketua dari STKOM Sapta Computer.(Ald)

Baca Juga